Bangun Industri Halal, UMM Adakan Pelatihan Auditor Halal Muhammadiyah

Author : Humas | Selasa, 09 Februari 2021 18:45 WIB
Acara pelatihan auditor halal Muhammadiyah yang dilakukan memalui zoom (Foto : Istimewa)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berkomitmen dalam membangun industri halal di Indonesia. salah satu agenda UMM untuk membangun industri halal adalah menyelenggarakan acara pelatihan auditor halal Muhammadiyah. Pelatihan ini dilaksanakan pada 08 – 11 Februari melalui kanal zoom. Acara ini merupakan kerja sama antara Halal Center UMM dan Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thayiban (LPH-KHT) Muhammadiyah.

Dalam sambutannya Dr. Sidik Sunaryo, SH., M.Si. mengatakan industri halal mencakup dua aspek yaitu moralitas dan rasionalitas. Di mana pada aspek rasionalitas sangat sarat akan ideologi dan kepentingan berbagai pihak. Hal ini akan mempersulit para auditor dalam melakukan sertifikasi halal.

“Oleh karena itu, para auditor diharapkan mempunyai moralitas dan integritas yang tinggi dalam rangka melakukan sertifikasi halal untuk sebuah produk,” kata Wakil Rektor IV UMM tersebut.

Baca juga : Bahas Peran Pemuda dalam Pertanian, Agribisnis Langsungkan Seminar Internasional

Lebih lanjut, Sidik mengatakan untuk memperjuangkan produk halal harus dilakukan dengan massif, terstruktur, dan memiliki sistem yang jelas. Pelatihan ini merupakan salah satu titik penting perjuangan yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan UMM dalam membangun industri halal.

“UMM dan Muhammadiyah telah melakukan beberapa kegiatan terkait dengan pembangunan industri halal.  Kegiatan tersebut meliputi pembentukan dan perluasan lembaga halal Muhammadiyah. Selain itu kami juga melakukan perencanaan terhadap sistem halal, salah satunya dengan melalui pelatihan ini. Semoga dengan berbagai hal yang telah kita lakukan, halal akan menjadi suatu hal yang tak terpisahkan dari masyarakat,” ujar Sidik

Baca juga : Mahasiswa Ciptakan Sarung Tangan Pencegah Kecelakaan Kerja

Di sisi lain Prof. Dr. Ir. Elfi Anis Saati, M.P. mengatakan tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan sinergi sesama Muhammadiyah, terutama dalam bidang industri halal. Selain itu Elfi berharap dengan adanya program ini dapat melahirkan auditor-auditor yang memumpuni di bidang sertifikasi produk halal.

“Selain menambah kompetensi sumber daya manusia di UMM dan Muhammadiyah, saya berharap program ini dapat berkelanjutan dalam rangka membangun industri halal di Indonesia,” kata Ketua Panitia tersebut di akhir acara.

Turut hadir dalam acara ini sebagai pemateri Ir. M. Nadratuzzaman Hosen, MS, M.Ec, Ph.D, Ir. Elvina Agustin Rahayu, MP, Sri  Wuri Handono, Ir. M.App.Sc, Dr. Ir. Arief Safari, MBA, Prof. Dr. Ir. Noor Harini, MS, Prof. Dr. Nurkhasanah, Apt, Dr. Ir. Damat, MP, Ir. Dina Sujana, dan Prof. Dr. Ir. Elfi Anis Saati, MP. (syi/wil)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image