Vokasi UMM Gelar MoU dengan Tugu Malang, Siap Berikan Literasi Soal Pendidikan yang Berkemajuan

Author : Humas | Kamis, 06 April 2023 07:57 WIB | Tugu Malang - Tugu Malang

vokasi umm

MALANG, Tugumalang.id – Direktorat Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) resmi menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan tugumalang.id, salah satu media di bawah naungan Tugu Media Group yang sudah terverifikasi dewan pers.

Kedua belah pihak sepakat membangun sinergi dan kolaborasi untuk meningkatkan literasi masyarakat soal pendidikan, khususnya di bidang Vokasi.

Setelah penandatanganan MoU digelar foto bersama dengan para pejabat Vokasi UMM, Dosen, dan mahasiswa. Factory Training adalah salah satu andalan Vokasi UMM. Foto: M Ulul Azmy

Penandatangan nota kesepahaman itu dilakukan di gedung vokasi UMM yang berada di Jalan Raya Ngijo, Karangploso, Kabupaten Malang, pada Rabu (5/4/2023). Penandatanganan dilakukan antara Direktur Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi UMM, Assoc Prof Dr Tulus Winarsunu MSi dan CEO Tugu Media Group (tugumalang.id) Irham Thoriq.

Dari kesepakatan ini, Direktur Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi UMM, Assoc Prof Dr Tulus Winarsunu MSi berharap dari kolaborasi ini bisa berjalan baik, saling menguatkan dan membesarkan. Terutama dalam menyebar pesan-pesan pendidikan. Dalam hal ini, Vokasi UMM tidak bisa berjalan sendiri.

“Kehadiran Tugu Media Group, meski masih berusia 4 tahun ini saya kira jadi media yang representatif untuk menyebarluaskan hal-hal baik, terkait edukasi kepada masyarakat luas. Harapan kami sinergitas ini bisa berlangsung baik,” harap pria berkacamata ini.

Pentingnya media massa dalam hal ini menurut Tulus adalah kontribusinya memperluas wawasan masyarakat agar dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Sebagai contoh, bahwa ada jalan baru bagi generasi muda untuk meniti karir masa depan. Salah satunya dengan menjadi wirausahawan atau pengusaha. Inilah yang menjadi konsentrasi Vokasi UMM.

Tentunya, Vokasi UMM menaruh perhatian terhadap hal itu. Dengan menerapkan Factory Training and Production Collaboration Project, mahasiswa tidak lagi hanya dijejali teori. Namun juga berpraktik langsung bersama industrinya di dalam kampus.

”Vokasi UMM sangat siap soal itu. Lewat pelatihan-pelatihan dan pendampingan, bahkan praktik bersama industri itu sendiri secara nyata,” ungkapnya.

Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan terdapat beberapa program studi, yaitu : D3 Keperawatan, D3 Teknik Elektro, D3 Keuangan dan Perbankan, D4 Agribisnis Unggas dan D4 Bisnis Properti.

Suasana pembelajaran Factory Training & Production Collaboration Project di Vokasi UMM. Serupa pabrik sungguhan. Foto: M Ulul Azmy

Ke depan, akan segera diluncurkan program studi yang dikhususkan dengan kebutuhan lulusan muda dari SMA/SMK yang saat ini dan belum terdapat di Perguruan Tinggi lain di Indonesia.

Di sinilah peran Tugu Media Group yang nantinya akan memberikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat. CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq menyambut baik semangat kolaborasi itu.

”Apa yang dilakukan oleh Vokasi UMM ini sangat luar biasa, selain banyak mengirimkan lulusan ke luar negeri seperti Jepang, juga pembelajaran yang dilakukan sangat konkrit dalam melihat tantangan-tantangan ke depan,” kata Thoriq.

Untuk diketahui, penandatanganan MoU dilakukan di depan para pejabat Vokasi UMM seperti kepala prodi, sekretaris prodi, dan juga pejabat lain.

Thoriq, dalam sambutannya menambahkan, vokasi UMM ini mengemban tugas yang sangat mulia. Yakni, menciptakan mahasiswa yang siap menjadi pengusaha dan profesional. Konsep pendidikan yang praktis dan berkemajuan, begitu dirasakan Thoriq di Vokasi UMM.

”Bapak dan Ibu di sini bekerja di sektor yang sangat mulia sekali, kita siap bersama-sama untuk mengawal publikasi dan terobosan-terobosan Vokasi UMM,” imbuhnya.

Lakukan MoU Juga dengan Happy Roikhan

Selain melakukan MoU dengan tugumalang.id, Vokasi UMM dalam kesempatan ini juga menggelar MoU dengan Happy Roikhan, seorang wirausahawan yang juga kurang lebih 19 tahun berkecipung di dunia media.

Selain Tugu Media Group, Vokasi UMM juga menjalin kerjasama dengan Happy Roikhan di bidang publikasi dan wirausaha. Foto: M. Ulul Azmy

Happy Roikhan melakukan MoU untuk menjadi konsultan Vokasi UMM dibidang publikasi dan wirausaha.

”Ini tantangan yang luar biasa buat saya untuk bisa berkontribusi di dunia pendidikan,” kata Happy yang juga alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Sekilas Tentang Tugu Media Group

Tugu Media Group adalah perusahaan media yang membawahi tugumalang.id, tugujatim.id, dan tugubandung.id. Untuk tugumalang.id dan tugujatim.id, sudah terverifikasi dewan pers.

tugumalang.id menjadi cikal bakal konglomerasi media di bawah Tugu Media Group, lahir pada 4 tahun silam tepatnya 9 Februari 2019 atau bersamaan dengan Hari Pers Nasional (HPN). Tugumalang.id dikelola oleh anak-anak muda, mayoritas berusia di bawah 30 tahun.

Semua wartawan dan redaktur tugumalang.id sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh Dewan Pers dan dinyatakan lulus.

Reporter: Ulul Azmy
editor: jatmiko

Sumber: tugumalang.id/vokasi-umm-gelar-mou-dengan-tugu-malang-siap-berikan-literasi-soal-pendidikan-yang-berkemajuan/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Arsip Berita

Berita Terpopuler