2 Mahasiswa Fakultas Vokasi UMM Raih Juara di National Banking Competition 2023

Author : Humas | Senin, 11 Desember 2023 09:28 WIB | Tugu Malang - Tugu Malang

Fakultas Vokasi UMM

Galuh Oktavianingtyas dan Fena Nurmala bersama Dosen Pendamping mereka Eris Tri Kurniawati SE MM Ak (tengah) memamerkan penhargaan sebagai juara di National Banking Competition 2023. Foto: Istimewa.

MALANG, tugumalang.id – 2 mahasiswa Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Vokasi UMM memborong dua gelar juara di National Banking Competition (NBC) 2023 yang dihelat di Kampus Vokasi Universitas Indonesia pada Sabtu (9/12/2023).

Kedua mahasiswa itu Galuh Oktavianingtyas yang meraih Juara 3 Kategori Layanan Customer Service Bank dan Fena Nurmala meraih Juara Harapan 2 Kategori Layanan Teller Bank. Keduanya adalah mahasiswi Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Angkatan 2020.

Kepala Laboratorium Eris Tri Kurniawati SE MM Ak menerangkan jika kegiatan NBC 2023 ini digelar Himpunan Mahasiswa Administrasi Keuangan dan Perbankan (HIMAKUPA) Universitas Indonesia. Ada beberapa jenis lomba di ajang ini di antaranya Customer service, Teller, Content Creator, Basket, Futsal, Mobile Legend dan PUBG Mobile.

Ajang ini cukup bergengsi karena diikuti peserta dari universitas ternama di Indonesia seperti UI tentunya, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Institute Bisnis dan Informatika Kesatuan Bogor, Universitas Trisakti dan UMM.

“Penguasaan materi layanan frontliner yang baik dibuktikan oleh Galuh dan Fena. Selama ini mereka mencerna dengan baik pembelajaran bermuatan praktik riil yang di desain Prodi dan Laboratorium Vokasi Perbankan dan Keuangan UMM,” terang Eris, Senin (11/12/2023).

Eris sendiri ditunjuk Prodi D3 Perbankan dan Keuangan sebagai dosen pendamping untuk mempersiapkan kesiapan Finalis. Eris menerangkan total peserta di babak penyisihan untuk Lomba Customer Service adalah 23 orang dan terjaring 10 Finalis termasuk salah satunya adalah Galuh Oktavianingtyas.

Begitu juga di kategori Lomba Layanan Teller, dari total peserta di babak penyisihan berjumlah 20 mahasiswa tersaring menjadi 7 Finalis, termasuk Fena Nurmala.

Adapun pelaksanaan lomba terdiri dari beberapa tahap. Pertama, babak penyisihan melalui gabungan nilai Quiz (bobot 30 persen) dengan materi seputar layanan frontliner bank yang diselenggarakan daring, kemudian penyusunan esai bertemakan perbankan era saat ini (bobot 70 persen).

Layanan Costumer

Proses penilaian layanan customer service dari mahasiswa Fakultas Vokasi UMM di ajang National Banking Competition (NBC) 2023. Foto: Istimewa

Dalam babak penyisihan ajang tersebut, Galuh mengusung topik Keuangan Digital yang Bersifat Terbuka pada Usaha UMKM. Sementara Fena membuat esai menarik tentang Eksistensi Industri Perbankan Syariah Bagi Generasi Milenial Di Era 4.0.

Lalu, di Babak Final, yang diambil 10 finalis kategori layanan customer service dan 7 finalis kategori layanan teller untuk hadir secara langsung di Auditorium Kampus Vokasi UI dengan rangkaian Roleplay test dan Comunication Skill Test.

Kepala Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Vokasi UMM Syamsul Hadi Hadi, S.E., M.Si, CRA. memberikan apresiasi atas raihan prestasi dari kedua mahasiswanya. Ini menjadi bukti dari project based learning di prodinya berjalan optimal.

Prosesi penyerahan medali dan penghargaan juara National Banking Competition (NBC) 2023 di Kampus Vokasi Universitas Indonesia. Foto: Istimewa

Pembelajaran dengan praktik riil, kata Syamsul memungkinkan mahasiswa menjadi bagian dari sistem perbankan itu sendiri meski sejak di bangku kuliah. Bahkan, bisa mendulang prestasi di bidang kerja itu sendiri.

“Saya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada mahasiswa yang berprestasi di ajang NBC 2023. Tetap semangat. Percaya Diri dan Berkompeten, Yakinlah Kamu Pasti Bisa,” ungkap Syamsul.

Sumber: https://tugumalang.id/2-mahasiswa-fakultas-vokasi-umm-raih-juara-di-national-banking-competition-2023/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Arsip Berita

Berita Terpopuler