Kolaborasi Vokasi UMM x Pegadaian Kenalkan Mahasiswa ke Dunia Kerja Nyata Mahasiswa Sampai Tuai Cuan Closingan

Author : Humas | Jum'at, 07 Juli 2023 09:42 WIB | Tugu Malang - Tugu Malang

Vokasi UMM

Mahasiswa Prodi Perbankan dan Keuangan Vokasi UMM saat magang langsung di Pegadaaian bertemu nasabah. Foto: Vokasi UMM

Malang, Tugumalang.id – Komitmen Direktorat Pendidikam dan Vokasi UMM untuk mengenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja nyata terus dilakukan. Salah satunya dilakukan Program Studi Perbankan dan Keuangan.

Prodi Perbankan dan Keuangan Vokasi UMM telah berkolaborasi bersama PT. Pegadaian Kanwil Jawa Timur di Malang untuk menerapkan Project Based Learning bagi mahasiswanya. Mereka menjalani pembelajaran langsung berhadapan dengan nasabah selama kurun 4 bulan.

Ketua Program Studi Perbankan dan Keuangan Vokasi UMM, Syamsul Hadi menuturkan program Project Based Learning ini merupakan bagian dari implementasi Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Program Studi Perbankan dan Keuangan Direktorat Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang.

Vokasi UMM

Mahasiswa Prodi Perbankan dan Keuangan Vokasi UMM saat magang langsung di Pegadaaian bertemu nasabah. Foto: Vokasi UMM

Mereka mempraktekkan pelayanan langsung pada nasabah maupun calon nasabah potensial dengan pendampingan langsung oleh supervisor pegadaian hingga siap terjun berkomunikasi dengan calon nasabah. Bahkan melakukan cross selling nasabah existing.

“Bahkan mereka ada yang sekaligus dapat cuan fee closing nasabah Pegadaian,” ungkap Syamsul pada tugumalang.id, Jumat (7/7/2023).

BACA JUGA: Bantu Pemuda Berkarir di Jepang, Vokasi UMM Kerja Sama dengan Disnaker Kabupaten Malang

Pengalaman itu didapat oleh salah satu mahasiswi. Derima Ameisa Pramawi Kholida yang berhasil mencapai closing calon nasabah pegadaian berupa produk cicilan emas hingga 300 gram. Akhirnya, karena terpenuhinya target itu dia mendapatkan fee closing sebesar Rp 3 juta.

Menurut Syamsul, pengalaman ini membawa manfaat pengalaman langsung yang dirasakan dalam meyakinkan calon nasabah untuk menjadi nasabah cicilan emas pegadaian.

Namun sebelum itu, para mahasiswa ini memang tidak berangkat dengan kepala kosong. Mereka sudah diberikan pembekalan pengetahuan produk, sikap dan ketrampilan kompetensi kerja.

Jadi mahasiswa sudah mahir dengan presentasi mandiri maupun team, termasuk tahapan-tahapan suggestion selling sampai closing.

“Seperti public speaking and service excellent hingga pada tataran dikompetisikan di tingkat Program Studi dan berlanjut di tingkat nasional untuk prodi sejenis,” paparnya.

Selain itu juga pengalaman dalam event pameran dan lelang emas, melengkapi pengalaman dibisnis pegadaian. Briefing pagi dan kebersamaan kuat dalam team dengan para senior sehingga tujuan project base learning benar-benar tercapai.

“Saya kira ini nampak dari perubahan menuju sikap kerja disiplin, ramah, grooming dan professional,” tandasnya.

BACA JUGA: Berita tugumalang.id di Google News

Reporter: Ulul Azmy
editor: jatmiko

Sumber: tugumalang.id/kolaborasi-vokasi-umm-x-pegadaian-kenalkan-mahasiswa-ke-dunia-kerja-nyata-mahasiswa-sampai-tuai-cuan-closingan/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Arsip Berita

Berita Terpopuler