Perikanan UMM Inisiasi Desa Jedong Budidaya Ikan-Produksi Pakan

Author : Humas | Jum'at, 05 Agustus 2022 | Tabloid Matahati - Tabloid Matahati

ikan umm (3)

TABLOIDMATAHATI.COM, MALANG-Menarik project yang dilakukan Prodi Akuakultur Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian PeternakanUniversitas Muhammadiyah Malang (FPP UMM). Project yang dilakukan tersebut dikatakan salah satu tim project tersebut, Ganjar Adhy Wirawan Sutarjo, S.Pi, MP, terkait inisiasi budidaya ikan di Desa Jedong Wagir Kabupaten Malang.

Inisiasi budidaya ikan ini, kata Ganjar lebih khusus untuk ikan nila, ikan hias, disertai produksi pakan. Nah produksi pakan ikan ini nanti berbasis sumber daya lokal. Semua bahan berasal dari lokasi mitra Desa Jedong Wagir.

Perikanan UMM Inisiasi Desa Jedong Budidaya Ikan-Produksi Pakan   1

Ganjar Adhy Wirawan Sutarjo,(kiri) bersama mahasiswa PMM di lokasi mitra.

Tim perikanan UMM ini, kata Ganjar sangat disupport oleh Kase Jedong, Tekad Wahyudi termasuk pegiat utama budidaya ikan air tawar seperti Nila, Lele, Koi dan semisalnya.

“Kehadiran kami di sana untuk transfer pengetahuan dan teknologi kepada warga dan menyasar pemuda karang taruna  Singo Joyo,” ujar Kepala Laboratorium Prodi Akuakultur UMM ini.

Ganjar melanjutkan, keterlibatan pemuda ini harapannya akan muncul produk diversifikasi yang lain. Yang sebelumnya sudah ada ikan lele, dan diversifikasi dengan ikan nila dan ikan hias, teramsuk penyediaan pakan alami dan pakan buatan. “Perlu diketahui bahwa pada budidaya biaya terbesar adalah pakan. Itu sebabnya sebisa mungkin pakan mandiri,” kata Ganjar.

Perikanan UMM Inisiasi Desa Jedong Budidaya Ikan-Produksi Pakan   2

Lokasi inisiasi budidaya ikan sekaligus produksi pakan.

Pakan yang nantinya diproduksi berasal dari bahan alami untuk pakan benih dari damia dan budidya magot. Sementara pakan berbasis bahan baku lokal pemanfaatan limbah ampas tahu, fermentasi silase, limbah ikan, bungkil kedele, serta bahan semisalnya. Bahan ini merupakan produk hasil riset di perikanan UMM.    

“Basisnya kami ingin mendekatkan potensi bahan baku di wilayah mitra. Selama ini budidaya ketergantungan pakan buatan sangat tinggi. Sehingga kami bersama masyarakat melakukan inovasi dengan membuat pakan yang kualitasnya tidak jauh berbeda dari pakan pabrikan. Termasuk bagaimana memasarkan pakan tersebut dalam kemasan yang menarik,” tandas Ganjar.

Selain tim dosen, tambah Ganjar kegiatan ini juga melibatkan lima mahasiswa yang dikonversikan kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat Mahasiswa) sebagai   implementasi dari merdeka belajar kampus merdeka. (doni osmon)

Sumber: https://tabloidmatahati.com/perikanan-umm-inisiasi-desa-jedong-budidaya-ikan-produksi-pakan/#.Yuy7VHZByUl
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Arsip Berita

Berita Terpopuler