Prodi Ilmu Komunikasi UMM Siapkan Lulusan Handal Kelola Media Sosial

Author : Humas | Selasa, 03 Oktober 2023 12:39 WIB | SuryaMalang.com - SuryaMalang.com

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang gencar mencetak lulusannya menjadi praktisi yang handal terhadap kondisi serba digital melalui program Center of Excellence School of Creative Digital Communication (CoE-SCDC) Social Media for Branding Class.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang gencar mencetak lulusannya menjadi praktisi yang handal terhadap kondisi serba digital melalui program Center of Excellence School of Creative Digital Communication (CoE-SCDC) Social Media for Branding Class.

SURYAMALANG.COM, MALANG – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang gencar mencetak lulusannya menjadi praktisi yang handal terhadap kondisi serba digital. Prodi Ilmu Komunikasi UMM telah membentuk Center of Excellence School of Creative Digital Communication (CoE-SCDC) Social Media for Branding Class. Program ini untuk menyiapkan lulusan yang handal di era digital.

PIC CoE-SCDC UMM, Widiya Yutanti menyatakan, media sosial saat ini telah menjadi penentu sukses tidaknya lembaga dan perusahaan. Di antara peran penting media sosial berkaitan dengan upaya membangun brand awareness, pemasaran digital dalam usaha untuk menjangkau konsumen potensialnya.

“Saat ini kelas CoE SCDC sudah running tahun kedua dan kelas ini sekaligus menjadi bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari lintas prodi dan fakultas bahkan kampus lain,”jelas Widiya, Selasa (3/10/2023).

Selama satu semester, mahasiswa program CoE-SCDC ditempa dengan materi dan praktek terkait social media optimization. Satu semester selanjutnya, mereka wajib melakukan magang di berbagai tempat Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang telah bekerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM.

Dalam sebuah acara Inagurasi Program CoE-SCDC Batch #2 yang digelar di Ballroom Rayz Hotel akhir September lalu, hadir sejumlah tamu undangan yang telah menjalin kerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi seperti Lembaga Sensor Film Republik Indonesia (LSF), PT Satoria Aneka Industri, CMlabs, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Sidoarjo, Dinas Komunikasi dan Informatika beberapa kabupaten di Jawa Timur, RRI Stasiun Ternate, Thursina International Islamic Boarding School (IIBS), termasuk Sosialoka Indonesia sebagai main partner yang terlibat sejak awal dalam perumusan kurikulum sekaligus sebagai instruktur dalam program ini.

CEO Sosialoka Indonesia, Miftah Faridh Oktofani mengatakan pentingnya penggunaan media sosial untuk branding. Menurutnya, branding di media sosial bisa meningkatkan citra merek yang dimiliki. Hal itu berpotensi menjangkau konsumen yang membutuhkan jasa mereka.

"Media sosial bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga sarana untuk membangun identitas dan citra merek. Keterampilan ini akan sangat berguna bagi para peserta di dunia kerja nanti," ungkapnya.

Rektor UMM, Profesor Fauzan menyebut upaya CoE-SCDC telah menghadirkan inovasi pendidikan yang relevan bagi perkembangan zaman. Para mahasiswa di UMM juga telah diarahkan untuk menghadapi tantangan di era internet.

"Pendidikan di bidang media sosial adalah kunci untuk mencetak calon profesional yang tangguh di era digital saat ini. CoE-SCDC telah menjawab tantangan dan peluang ini" ujarnya.

Dikatakan Fauzan, kelas CoE-SCDC Ilmu Komunikasi UMM harus memacu para peserta peserta Batch #2. Ia mendorong agar anak-anak muda bisa mengeksplorasi potensi media sosial dalam membangun citra secara kreatif dan sophisticated.

“Ke depan, program ini diharapkan mampu memberikan kontribusi besar bagi perkembangan komunikasi digital di Indonesia, dengan semangat kreatif, komunikatif, kolaboratif dan solutif,” tutupnya. (Benni Indo)

Sumber: https://suryamalang.tribunnews.com/amp/2023/10/03/prodi-ilmu-komunikasi-umm-siapkan-lulusan-handal-kelola-media-sosial
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler