Dosen PGSD UMM implementasikan cerita bergambar di Bangkok. (Hassan Al Wildan/PWMU.CO)
PWMU.CO – Tim dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali memberikan kontribusi, tidak hanya di nasional tapi juga wilayah internasional. Kali ini tim dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berkunjung dan memberikan kontribusi di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Thailand, November ini. Mereka mengimplementasikan media pembelajaran cerita bergambar dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila, Kamis (28/11/2024).
“Jadi kedatangan kami di SIB Thailand merupakan implementasi kerjasam internasional melalui kegiatan pembelajaran penguatan profil pelajar pancasila dan sains untuk pengenalan identitas gender melalui pemanfaatan media pembelajaran cerita bergambar,” kata salah satu dosen Arinta Rezty Wijayaningputri.
Dalam pelaksanaannya, Galuh tidak sendiri. Ia ditemani Innany Mukhlishina dan Murtyas Galuh Danawati bersama anggota mahasiswa PMM Mitra Dosen. Lebih lanjut, Arinta sangat mengapresiasi bagaimana SIP menyambut dan memebrikan ruang sehingga kontirbusi yang diberikan lebih maksimal. Ia dan tim berharap, penelitian dan implementasi mereka bisa berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi siswa-siswi di SIB.
Dosen PGSD UMM implementasikan cerita bergambar di Bangkok. (Hassan Al Wildan/PWMU.CO)
Menurut Arinta, buku cerita bergambar adalah salah satu media pembelajaran yang sangat efektif untuk mengenalkan identitas gender pada anak sekolah dasar. Penggunaan gambar yang menarik dan alur cerita yang inovatif diharapkan dapat mendorong peserta didik agar dapat mengimplementasikan sikap mandiri, saling gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Selain itu, penerapan metode pembelajaran inovatif menggunakan media cerita bergambar mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa. Pendekatan ini dirancang untuk memadukan unsur pendidikan dan kreativitas, dengan harapan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Dosen PGSD UMM implementasikan cerita bergambar di Bangkok. (Hassan Al Wildan/PWMU.CO)
“Alhamdulillah, metode ini mendapat respons positif dari siswa maupun guru SIB. Kami melihat potensi besar dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui media cerita visual,” tandasnya menambahkan.
Arinta menjelaskan bahwa kegiatan itu juga menjadi langkah nyata UMM dalam memperluas kontribusi. Tidak hanya di regional maupun nasional, tapi juga di tingkat internasional. Utamanya dalam mendukung pendidikan di sekolah-sekolah berbasis komunitas Indonesia di luar negeri. (*)
Penulis Hassan Al Wildan Editor Amanat Solikah