Penyerahan Mahasiswa PAI UMM Kelompok 12 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Surya Buana Kota Malang

Author : Humas | Minggu, 14 Agustus 2022 09:10 WIB | Media Mahasiswa - Media Mahasiswa

Program Praktik Pengalaman (PPL) merupakan program yang menjadi kewajiban seluruh mahasiswa Program Studi PAI Universitas Muhammadiyah Malang.

Dilaksanakannya program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga dalam hal ini mahasiswa mampu memiliki kompetensi dan memahami tanggung jawab sebagai pendidik di masa yang akan datang. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai kewajiban mahasiswa sebelum meraih gelar Strata 1 (S1).

Pada Kamis (11/08) pukul 06.45, kelompok 12 mahasiswa PPL yang terdiri dari 8 mahasiswa dan 1 Dosen pembimbing lapangan tiba di SMA Surya Buana Kota Malang dalam rangka pengenalan dan penyerahan mahasiswa PPL.

Adapun mahasiswa PPL ini akan melaksanakan kegiatannya kurang lebih selama 7-8 pekan dengan jadwal dan kegiatan yang sudah ditentukan, baik oleh Universitas maupun dari SMA Surya Buana Malang.

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan para mahasiswa PPL kepada seluruh siswa-siswi beserta bapak dan ibu guru SMA Surya Buana yang dilaksanakan di Aula sekolah, setelah perkenalan dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa dari dosen pembimbing yaitu Bapak Suherman, M.Pd.I. kepada Bapak kepala sekolah Bapak Ahmad Zain Fuad, S.Si., S.Pd., M.Pd. beserta para jajaran bapak ibu guru di ruang pertemuan.

Momen ini juga sekaligus menjadi perkenalan kami selaku mahasiswa PPL dengan para jajaran guru yang ada di SMA Surya Buana.

Penyerahan mahasiswa PPL.

Setelah melaksanakan kegiatan penyerahan, para mahasiswa ini nantinya tidak hanya sekadar praktik pengalaman melalui kegiatan belajar mengajar saja, tetapi nantinya para mahasiswa juga akan diberi wawasan mengenai budaya mutu dan berbagai kegiatan yang ada di SMA Surya Buana Malang.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh kepala Laboratorium PAI UMM I’anatut Thoifah, M.Pd.l., bahwa kegiatan PPL ini bertujuan untuk:

  1. Mengetahui dan memahami berbagai urusan administrasi sekolah;
  2. Melatih kecakapan mahasiswa dan perencanaan pembelajaran (membuat perangkat pembelajaran sebagai calon guru profesional;
  3. Melatih etika berkomunikasi, berkolaborasi yang baik, dan sopan santun dengan civitas akademika sekolah.

Agar harapan universitas, sekolah, dan mahasiwa yang mengikuti program ini tercapai, maka semua harus saling bekerja sama dan saling menyatukan tekad untuk mensukseskan setiap program yang sudah tersusun dan terencana dengan saling menjaga komunikasi secara intens, konsisten, dan amanah dalam menjalankan apa yang menjadi kewajibannya.

Penulis: Mochammad F. Alby (Kelompok 12 PPL)
Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Sumber: https://mahasiswaindonesia.id/penyerahan-mahasiswa-pai-umm-kelompok-12-praktik-pengalaman-lapangan-ppl-di-sma-surya-buana-kota-malang/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler