Pentingnya Manajemen Stres terhadap Kehidupan Mahasiswa

Author : Humas | Kamis, 29 Desember 2022 19:13 WIB | Media Mahasiswa - Media Mahasiswa

Opini

Ilustrasi: istockphoto

Manajemen stres merupakan kegiatan pencegahan terjadinya stres dengan melakukan berbagai cara untuk menangani terjadinya stres seperti mengenali masalah, memahami dampak dari masalah, dan mengatasi masalah.

Dengan adanya manajemen stres mahasiswa mempu menangani persoalan-persoalan yang sedang terjadi pada diri sendiri. Mahasiswa merupakan masa seseorang menempuh pendidikan yang paling tinggi.

Mahasiswa diharapkan memegang peran sebagai social control untuk bisa mengarahkan masyarakat yang salah menjadi lebih baik kedepannya dan dapat menjadi suri tauladan kepada masyarakat lainnya. Mahasiswa harus mampu meneruskan perjuangan orang terdahulu dan dapat mewujudkan impian yang belum terwujud.

Pada umumnya manusia memiliki tingkatan stres yang sedang, karena adanya tugas yang berlebih, tidak bisa mengatur waktu, dan harapan dari orang terdekat mahasiswa dapat memiliki tekanan psikologis yang dapat mengakibatkan terjadinya stres.

Ada 2 faktor yang dapat memengaruhi mahasiswa yaitu: (1) faktor internal, sumber yang terdapat pada diri seseorang yang terdiri dari pola pikir, persaingan teman sebaya, karakter, perubahan suasana kehidupan, kesulitan mengelola Kehidupan, dan faktor fisik. (2) faktor eksternal, segala sesuatu yang bersumber dari luar diri seseorang disebut dengan faktor eksternal, yang terdiri dari manajemen waktu yang buruk, penugasan berlebih, dan lingkungan.

Dengan adanya manajemen stres dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada diri mahasiswa. Manajemen stres yang baik akan memberikan dampak yang baik pada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

Banyak dampak negatif dari adanya stres, maka mahasiswa harus bisa mengetahui cara pencegahan dari permasalahan yang sedang terjadi. Selain dari diri sendiri, lingkungan juga sangat mempengaruhi tingkat stres seseorang.

Jika lingkungannya baik maka kita akan baik juga dan jika lingkungannya buruk maka kita akan terkena dampak buruk dari lingkungan tersebut. Zaman sekarang banyak sekali mahasiswa yang mengatasi stres dengan cara mengakhiri hidupnya.

Manajemen stres memiliki 3 fungsi yaitu: (1) Mengetahui dan mengenali stres dan sumber stres yang muncul dalam kehidupan sehari-hari; (2) Mendapatkan dan mempraktikkan manajemen stres keterampilan coping; (3) Mempraktikkan teknik manajemen stres dalam masalah di kehidupan dan menilai keefektifannya.

Dengan adanya fungsi tersebut, mahasiswa lebih mudah untuk mengatasi terjadinya stres pada diri sendiri dengan kemampuan manajemen stres yang baik, kesehatan mental, emosional, bahkan kesehatan fisik seseorang pun akan terkelola dengan baik.

Hal ini karena manajemen stres yang baik dapat mencegah stres berkembang dan menjadi malapetaka bagi kesehatan seseorang.

Penulis:

Fatihah Aqso Kamilah
Mahasiswa Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Sumber: https://mahasiswaindonesia.id/pentingnya-manajemen-stres-terhadap-kehidupan-mahasiswa/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler