Pameran Poster Psikologi UMM: Mengkaji Hubungan Psikologi dan Perilaku Konsumen

Author : Humas | Jum'at, 10 Januari 2025 09:43 WIB | KlikMu.co - KlikMu.co

Pengunjung berfoto di depan pameran poster mahasiswa Psikologi UMM. (Humas UMM/KLIKMU.CO)

KLIKMU.CO – Untuk mendorong peningkatan literasi di bidang psikologi, Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar pameran poster di lingkungan kampus. Kegiatan ini merupakan hasil dari mata kuliah Psikologi Konsumen yang diikuti oleh mahasiswa Psikologi semester 5 dengan peminatan Psikologi Industri dan Organisasi.

Pameran yang berlangsung pada 6 hingga 7 Januari 2025 ini menampilkan puluhan poster menarik yang mengkaji berbagai aspek perilaku konsumen.

Tri Muji Ingarianti MPsi, dosen Fakultas Psikologi (Fapsi), menjelaskan bahwa kegiatan pameran poster ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengapa individu atau kelompok terlibat dalam aktivitas konsumsi dan bagaimana pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.

Dengan memahami psikologi konsumen, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan membeli produk. Hal ini sangat berguna baik bagi produsen maupun konsumen untuk lebih memahami bagaimana faktor psikologis dapat mempengaruhi perilaku pembelian.

“Pameran ini menampilkan berbagai topik menarik seperti ‘Cashback vs Diskon: Mana yang Lebih Menarik Mahasiswa untuk Berbelanja?’, ‘Influence of Social Media: Bagaimana Instagram dan TikTok Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen Milenial?’, ‘Experience vs Goods: Mengapa Milenial Lebih Memilih Menghabiskan Uang untuk Pengalaman Dibandingkan Barang?’, dan banyak tema menarik lainnya,” ungkap Tri.

Tri juga mengamati bahwa tingkat literasi mahasiswa Psikologi UMM cukup tinggi. Mahasiswa cenderung menyukai pembelajaran praktis yang informatif, tidak hanya terbatas pada materi di kelas dan buku, tetapi juga melalui kegiatan riset seperti pameran poster.

Kegiatan ini menjadi sarana yang efektif untuk menyampaikan informasi penelitian dan memudahkan pemahaman bagi mahasiswa serta memberikan kesempatan untuk berbagi wawasan.

Salah satu pengunjung, Balqis Saraja, menyatakan bahwa ia merasa senang dengan adanya pameran ini. Ia mengungkapkan bahwa pameran ini membuka wawasan tentang hubungan antara psikologi dan perilaku konsumen.

“Semoga ada lebih banyak pameran poster seperti ini sebagai luaran penelitian. Hal ini akan menarik perhatian masyarakat, terutama anak muda, karena penyampaiannya lebih menarik dan tidak hanya berupa tulisan panjang yang sering kali tidak menarik minat banyak orang,” ujar Balqis.

(Wildan/AS)

Sumber: https://klikmu.co/pameran-poster-psikologi-umm-mengkaji-hubungan-psikologi-dan-perilaku-konsumen/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler