Mahasiswa UMM Laksanakan Kegiatan Penyuluhan Teknologi Internet

Author : Humas | Rabu, 21 September 2022 09:51 WIB | Jurnal Post - Jurnal Post

Malang, JurnalPost.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang Teknologi Internet pada anak-anak Sekolah Dasar Negeri 02 Ampeldento. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMM dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 6 Kelompok 82 dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Di Era Globalisasi sekarang, penggunaan teknologi Internet sudah menjadi kebutuhan penting didalam kehidupan setiap individu. Penggunaan teknologi Internet memberi banyak manfaat bagi setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kemudahan akses informasi, komunikasi serta banyak pekerjaan dapat dilakukan dimana dan kapan saja selama terdapat jaringan internet. Namun, tidak jarang juga penggunaan yang tidak cermat memberi dampak yang merugikan banyak orang.

Dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan Internet seringkali merugikan banyak pihak mulai dari sanksi sosial, hingga yang paling merugikan adalah akibat hukum. Penyebaran berita yang tidak disaring dan kemudahan dalam mengakses mengakibatkan penggunaan internet menjadi sesuatu yang dapat merugikan penggunanya. Contoh paling sederhana adalah, penggunaan media sosial yang seringkali tidak dibarengi dengan bijaknya pengguna dapat mengakibatkan jejak digital yang berkesan kurang baik bahkan mengandung unsur SARA. Selain itu, tidak jarang dalam kolom komentar yang ada di medsos mengandung ujaran kebencian.

Penipuan, pencurian data pengguna juga menjadi salah satu perhatian sekaligus menjadi dasar mahasiswa UMM lewat kegiatan PMM untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan teknologi Internet pada anak-anak sejak usia dini.

Kemudian, kegiatan penyuluhan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan membuat kerajinan guna mengasah skill dan kreatifitas anak-anak yang mendapat respon positif dari pihak kepala sekolah dan guru-guru SDN 02 Ampeldento. Dengan harapan penggunaan internet dengan baik dan bijak dapat memberi manfaat kepada anak-anak agar dapat mengembangkan potensi serta dapat memberi pemahaman pentingnya mengetahui dampak buruk jika tidak bijak menggunakan internet bagi generasi penerus bangsa.

Sumber: https://jurnalpost.com/mahasiswa-umm-laksanakan-kegiatan-penyuluhan-teknologi-internet/37329/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler