Survei UMM, Ganjar-Mahfud Rajai Elektabilitas di Jawa Timur

Author : Humas | Rabu, 18 Oktober 2023 09:10 WIB | idn times - idn times

Survei UMM, Ganjar-Mahfud Rajai Elektabilitas di Jawa Timur

Rilis hasil survei elektabilitas capres cawapres oleh Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Malang, IDN Times - Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang dilakukan pada September 2023. Survei ini dilakukan pada 1.000 orang responden yang tersebar proporsional pada 100 kelurahan atau desa di 36 kota/kabupaten di Jawa Timur. Dalam survei ini terdapat sampling error kurang lebih 3,1 persen.

Hasilnya, Ganjar Pranowo memimpin elektabilitas capres dibandingkan 2 calon lainnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Sementara pada elektabilitas cawapres dipimpin oleh Mahfud MD.

1. Ganjar puncaki elektabilitas capres, bisa kalah jika head to head dengan Prabowo

Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Berdasarkan hasil survei dari UMM, Ganjar Pranowo unggul elektabilitas dengan perolehan 42,8 persen. Sementara perolehan Prabowo sebesar 37,1 persen dan Anies dengan perolehan 19,5 persen. Namun, Ganjar akan kalah jika head to head dengan Prabowo.

"Bisa dibilang saat putaran kedua jika hanya menyisakan Ganjar dan Prabowo, maka Prabowo lebih unggul atas Ganjar di Jawa Timur. Sehingga ini harus dipersiapkan oleh PDIP," terang Ketua Tim Survey Pusat Studi Ilmu Politik UMM, Rully Inayah Ramadhan saat dikonfirmasi pada Rabu (18/10/2023).

Sementara arah dukungan berdasarkan aglomerasi kultural didapatkan bahwa Ganjar unggul di wilayah Mataraman Jawa Timur bagian selatan sebesar 54,6 persen dan Arek (Surabaya, Sidoarjo, hingga Malang) sebesar 47,9 persen. Sementara Prabowo unggul di wilayah Tapal Kuda atau Jawa Timur bagian timur sebesar 47,6 persen dan Pantura sebesar 41,5 persen. Sedangkan, Anies unggul di Madura dengan presentase 47,5 persen.

"Ganjar juga populer di kalangan santri dengan 38,8 persen memilih kader PDIP tersebut. Namun, di kalangan non-santri, Ganjar pun kembali unggul dengan 43,3 persen," bebernya.

Sementara saat dipilah dari sisi usia, ternyata Baby Boomers (59-85 tahun) dan Gen-Z (17-26 tahun) paling banyak memilih Prabowo dengan angka 41,3 persen dan 45,6 persen. Sedangkan, Gen X (43-58 tahun) dan Gen Y (27-42 tahun) didominasi pemilih Ganjar dengan 44 persen dan 43,6 persen.

Sementara jika dikerucutkan pada pemilih dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur, 41,6 persen responden yang berafiliasi cenderung memilih Ganjar. Sementara untuk Prabowo adalah 39,3 persen, dan Anies pada urutan ketiga dengan 18,2 persen.

2. Sebagai cawapres, Mahfud MD yang ada di puncaknya

Rilis hasil survei elektabilitas capres cawapres oleh Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sebagai cawapres, Mahfud MD unggul dengan perolehan 19,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,5 persen, Ridwan Kamil 11,1 persen, dan Sandiaga Uno dan Muhaimin Iskandar sama-sama memiliki perolehan elektabilitas 10,9 persen.

"Tapi masih ada beberapa nama lain yang muncul dalam survei cawapres ini. Mereka di antaranya adalah Erick Thohir dengan 10 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 6 persen, Yenny Wahid sebesar 4,5 persen, dan Gibran Rakabuming Raka dengan 4,2 persen," bebernya.

Mahfud juga unggul unggul pada 3 wilayah kultural seperti Arek sebesar 22,9 persen, Mataraman dengan 16,5 persen, dan Pantura adalah 23,1 persen. Tapi uniknya Mahfud justru kalah dari Muhaimin di Madura dengan 28,8 persen. Mahfud hanya memiliki elektabilitas sebesar 26,3 persen di Madura.

Sementara di wilayah Tapal Kuda terjadi persaingan ketat antara Khofifah, Mahfud, dan Muhaimin. Perolehannya adalah Khofifah unggul dengan 17,5 persen, disusul Mahfud 14,5 persen, dan Muhaimin 12 persen.

Sementara dari kalangan NU di Jawa Timur, elektabilitas Mahfud menjadi yang paling unggul dengan 19,5 persen, disusul Khofifah berada di urutan kedua dengan 15,6 persen, terakhir adalah Muhaimin dengan 10,7 persen.

3. Pasangan Ganjar-Mahfud menjadi favorit di Jawa Timur

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD hadir dalam undangan ngunduh mantu putra ketiga KH. M Mustofa Aqil Siroj di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon. (IDN Times/Istimewa)

UMM juga melakukan survei dengan melakukan simulasi pada pasangan capres dan cawapres. Diketahui jika pasangan Ganjar-Mahfud unggul dengan 42,7 persen. Sementara Prabowo menggandeng Khofifah akan berada di peringkat 2 dengan 36,3 persen. Dan pasangan Anies-Muhaimin berada di peringkat 3 dengan 19,7 persen.

"Akan tetapi jika dilakukan head to head antara Ganjar-Mahfud melawan Prabowo-Khofifah akan dimenangkan Prabowo-Khofifah di Jawa Timur. Perbandingannya Prabowo-Khofifah dengan 49,3 persen dan 48,6 persen untuk Ganjar-Mahfud," pungkas Rully.

Sumber: https://jatim.idntimes.com/news/indonesia/amp/rizal-adhi-pratama/ganjar-mahfud-rajai-elektabilitas-di-jawa-timur-c1c2?page=all#page-2
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:

Kategori

Berita Terpopuler