Belajar Lebih Dekat, Mahasiswa Vokasi UMM Kuliah di Kawasan Industri JIIPE Gresik

Author : Humas | Monday, November 27, 2023 09:46 WIB | Tugu Malang -

Mahasiswa D4 Bisnis Properti langsungkan kunjungan kerja di JIIPE Gresik.

 

 

Mahasiswa D4 Bisnis Properti langsungkan kunjungan kerja di JIIPE Gresik.

Mahasiswa D4 Bisnis Properti Vokasi UMM langsungkan kunjungan kerja di JIIPE Gresik. Foto / dok

MALANG, Tugumalang.id – Tak melulu di dalam ruangan, mahasiswa Prodi D4 Bisnis Properti Fakultas Vokasi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melangsungkan kuliah di banyak tempat usaha dan industri.

Salah satunya, kunjungan ke salah satu kawasan industri di Indonesia, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (23/11/2023) lalu. Kunjungan ini diikuti mahasiswa semester satu dan semester tiga.

Kaprodi D4 Bisnis Properti, Eka Risky Angga Pramuja MEc Dev mengatakan, kuliah yang dikemas dalam company visit tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa terkait industri bisnis properti.

Khususnya, sebelum para calon Sarjana Terapan ini benar-benar terjun ke dalamnya ketika lulus dari Vokasi UMM. “Jadi lebih dari pengenalan, tapi betul-betul belajar selama satu hari di sana, bersama praktisi, sampai pelaku industrinya langsung,” ujarnya.

 

Mahasiswa D4 Bisnis Properti saat menerima materi di acara kunjungan kerja ke JIIPE Gresik.

Mahasiswa D4 Bisnis Properti saat menerima materi di acara kunjungan kerja ke JIIPE Gresik. Foto / dok for TM

Kunjungan di KEK JIIPE Gresik tersebut disambut hangat. Mahasiswa diajak sharing, berdiskusi, sembari diperlihatkan bagaimana proses berlangsungnya ekosistem industri di kawasan seluas lebih dari 3 ribu hektare itu.

“Ini selaras dengan yang mereka pelajari di kampus. Di mana mahasiswa diajak untuk mapping area sebesar 3 ribu hektare itu. Mereka juga diajak belajar bagaimana connecting antar industri dan sebagainya. Sehingga bukan hanya belajar terkait industrial estate, melainkan semua proses kerja di dalamnya. Mahasiswa juga mendapat pengalaman dari berbagai praktisi industri,” sambungnya.

Tak hanya JIIPE Gresik, Vokasi UMM juga telah menggandeng banyak mitra kerja atau mitra industri dari berbagai bidang untuk mendukung terlaksananya program MBKM di Vokasi UMM baik dalam bentuk magang, praktik kerja maupun studi atau proyek independen.

Hal ini selaras dengan komitmen Vokasi UMM dalam menyediakan SDM yang handal, beretika dan bersertifikat dalam bidang bisnis properti.

Mengingat, lulusan Sarjana Terapan ini ditargetkan mampu menguasai empat keahlian. Menjadi developer, penilai properti, jasa agen properti, hingga konsultan investasi di bidang properti.

“Di (D4) Bisnis Properti itu ada empat keahlian, jadi lulusannya punya keahlian sebagai developer, penilai properti, agency properti, dan konsultan investasi di bidang properti. Di kunjungan kemarin, kita khususkan mengasah dua di antaranya, yakni sebagai developer dan agency properti,” tukasnya.

Salah satu mahasiswa bernama Husniyah Humairah, mengaku antusias dengan kunjungan itu. Menurutnya, kuliah di D4 Bisnis Properti Vokasi menjadi tujuan utamanya sejak awal menentukan jurusan kuliah.

Namun, ia tak menyangka bahwa di awal perkuliahan langsung diajak untuk terjun langsung ke lapangan dan menggali kemampuan di lapangan bersama banyak praktisi.

“Di Gresik, banyak banget yang dipelajari, mulai tahu bagaimana industri properti itu berjalan. Bagaimana pengembangannya, manajerialnya sampai pemasarannya. Yang paling berkesan, lokasinya keren dan kita ketemu dengan banyak orang yang expert di bidang bisnis properti,” tukas mahasiswa semester satu ini.

 

Harvested from: https://tugumalang.id/belajar-lebih-dekat-mahasiswa-vokasi-umm-kuliah-di-kawasan-industri-jiipe-gresik/?amp
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: