Indonesia | English | Arabic
Kamis, 23 Oktober 2014
Anda di : UMM >> Berita >> UMM Berita >> Gagal di Jalur Undangan UMM, Bisa Daftar di Jalur Reguler

Berita

Gagal di Jalur Undangan UMM, Bisa Daftar di Jalur Reguler
» Rabu, 08 Mei 2013 | 16:02 WIB | Dibaca: 85741
facebook umm twitter umm delicious umm digg umm berita-umm-3419.html  berita_umm_3419.pdf  berita_umm_3419.doc umm-news-3419-id.ps
Calon mahasiswa melengkapi form pendaftaran
 

 

Kelulusan siswa-siswi SMA baru akan diumumkan 24 Mei mendatang, tapi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sudah akan menggelar ujian masuk calon mahasiswa baru, Senin (13/5) pekan depan. Diperkirakan 2.200 -2.700 calon mahasiswa mengikuti tes Gelombang I yang akan dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) I dan II UMM. 

Ketua UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr. Ermanu Azizulhakim, MT, menjelaskan sejak dibuka pendaftaran gelombang I bulan Maret lalu hingga kemarin (8/5), pendaftar sudah mencapai hampir 2000 orang. “Masih tersisa tiga hari pendaftaran lagi sampai Sabtu sore, biasanya mendekati penutupan angkanya melonjak 200 hingga 400 pendaftar per hari,” ujarnya.

Sebelum pendaftaran di jalur reguler gelombang I ini, UMM juga sudah menyeleksi calon mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Undangan. Penentuan lulusan jalur ini sudah dimumumkan 4 Mei lalu dan sebanyak 1.606 calon dinyatakan diterima. “Jadi total hingga awal Mei ini yang sudah menyatakan minat masuk di UMM sudah lebih dari 3.000 orang. Alhamdulillah ada trend kenaikan dibanding tahun lalu,” lanjut Ermanu.

Daftar ulang Jalur Undangan berlangsung 16-24 Mei mendatang. Mereka yang lolos jalur ini memperoleh beasiswa potongan biaya SPP selama satu semester, kecuali untuk Fakultas Ilmu Kesehatan. “Bagi yang tidak diterima di Jalur Undangan, masih ada kesempatan mendaftar di jalur reguler, baik gelombang I ini, atau gelombang II dan III,” papar Ermanu.

Pembantu Rektor I UMM, Prof Dr Bambang Widagdo, MM yakin tahun ini peminat UMM akan mengalami peningkatan. Secara teknis kenaikan itu bisa disebabkan bertambahnya program studi yang dibuka, maupun non teknis yang disebabkan semakin membaiknya kesadaran masyarakat pada perguruan tinggi. Angka lulusan SMA yang melanjutkan ke universitas di Indonesia masih relatif kecil dibanding di negara-negara lain. “Namun seiring membaiknya kondisi ekonomi dan tawaran universitas yang mengembangkan kualitas dengan biaya yang terjangkau, seperti di UMM ini, saya yakin dapat  meningkatkan daya jangkau masyarakat pada pendidikan tinggi,” ungkap Guru Besar FEB UMM ini.

Bambang menambahkan, tahun ini ada tiga Program Studi baru yang dibuka, yakni Fisioterapi (Fikes), Ekonomi Syariah (FAI) dan Program Dokto Pendidikan Agama Islam. Meski Prodi baru Bambang meyakinkan bahwa seluruh perangkat pembelajaran sudah disiapkan dengan sangat matang.

Salah seorang pendaftar, Oktaviana, mengaku memilih mendaftar gelombang I karena sudah yakin akan pilihannya. Ditanya apakah masih mendaftar di SMNPTN, dia mantap pada pilihan UMM karena sudah sejak lama mendambakan kuliah di kampus swasta terbesar ini. “Sejak SMP saya sudah tau UMM. Sejak itu saya sudah bulat memilih, orang tua saya juga mendukung,” kata siswa sebuah SMA N di Ende Nusa Tenggara Timur itu ketika ditemui usai mengikuti tes wawancara.

Ermanu menjelaskan, sebagaimana tahun sebelumnya ujian masuk UMM terdiri dari dua sesi, yakni tes tulis dan wawancara. Tes wawancara dilakukan ketika calon mahasiswa datang langsung ketika pendaftar.  Sedangkan tes tulis dilakukan serempak Senin (13/5) nanti. “Tes wawancara sifatnya untuk memetakan potensi calon mahasiswa agar dalam membina nantinya lebih terarah. Selain itu juga untuk mendeteksi dini kekurangan yang mereka miliki,” beber dosen FT UMM ini.

  Hasil tes tulis gelombang I akan diumumkan Kamis (16/5) mendatang melalui website pmb.umm.ac.id dan papan pengumuman di kampus. Sedangkan daftar ulang dibuka 16-24 Mei. Pendaftaran gelombang II dibuka hingga 13 Juli, sedangkan gelombang III hingga 24 Agustus mendatang. (mal/nes/nas)

 

 

 


Comment:


AKSA
28-08-2014
09:35:50
ada kan jalur khusus yang dapat dilakukan untuk masuk UMM bagi yang tidak diterima pada tes gel 3 UMM??? soalnya ini ada adik teman saya dari Palembang yang tidak diterima pada gel. 3. terima Kasi

» Balas
vandha
29-08-2013
12:35:52
mohon di upload daftar nama calon mahasiswa umm yang diterima pada tes gel. 3 karena no. peserta saya hilang dan tidak bisa melihat pengumuman secara online.

» Balas

Add New Comment:


Nama: *
E-mail: *


Website:


Komentar: *

characters left


Enter the phrase *