Indonesia | English | Arabic
Selasa, 29 Juli 2014
Anda di : UMM >> Berita >> UMM Berita >> Tahun Ini Prodi Fisioterapi Mulai Dibuka

Berita

Tahun Ini Prodi Fisioterapi Mulai Dibuka
» Sabtu, 07 April 2012 | 15:10 WIB | Dibaca: 4230
facebook umm twitter umm delicious umm digg umm berita-umm-2766.html  berita_umm_2766.pdf  berita_umm_2766.doc umm-news-2766-id.ps

 
 Lokakarya bersama guna membahas kurikulum prodi fisioterapi UMM.

Pembukaan Program Studi baru, Fisioterapi, di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) segera direalisasi. Hal ini ditandai dengan pematangan melalui lokakarya kurikulum dan launching Program Studi Fisoterapi di hall UMM Inn, Sabtu (07/04).

Fisoterapi berada di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMM. Ini merupakan Program Studi ke-44 yang dimiliki UMM. Kegiatan ini bertema “Membentuk Fisioterapi Handal dan Islami dengan Kurikulum yang Berkarakter”. Beberapa dosen yang terlibat tim penggagas Prodi baru ini ikut berpartisipasi. Selain itu acara juga di hadiri oleh Ketua IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia), Drs. Slamet Sumarsono, SMPh, juga perwakilan IFI Jawa Timur dan Kota Malang. IFI merupakan organisasi yang dilibatkan untuk memperjuangkan program studi Fisioterapi.

            PD I Fikes, Yoyok Bekti Prasetyawan, S.Kep. M.Kep, menerangkan bahwa pengajuan program studi baru ini sudah diajukan sejak tahun 2010 dan memperoleh ijin dari Dikti pada Februari 2012.

            Program studi baru ini juga sudah didiskusikan dengan beberapa para pakar Fisioterapi, salah satunya adalah Maskud Pudjianto SMPh, M.Kes, dari Poltekes Surakarta. Yoyok juga menjelaskan, rangkaian kegiatan ini selanjutnya akan dibagi segmentasinya. “Selain lokakarya kurikulum hari ini, kami akan membagi segmentasi dalam sarana dan prasarana, juga dalam persiapan penerimaan mahasiswa baru,” ujar dosen Farmasi ini.

Dekan Fikes, Tri Lestari Handayani M.Kep, Sp.Mat, melihat dari kebutuhan masyarakat akan tenaga Fisioterap profesional yang semakin meningkat, sedangkan Prodi Fisioterapi di Jawa Timur sendiri ini belum ada. Untuk mengejar ketinggalan tersebut UMM merancangan program studi Fisioterapi sebagai permintaan besar dari masyarakat.

“Kita tahu kalau suatu profesi itu akan berkembang jika sumber dayanya dikembangkan, dan hal ini juga bentuk kerjasama antara ikatan profesi dengan akademisi pendidikan. Sedangkan UMM ini jika membuka prodi baru tidak mau setengah-setengah, harus yang berkualitas dan mempunyai ciri khas, ujar Tri.

            Kepala Biro Akademik, Dr. Dwi Priyo U, M.Pd, berharap Prodi baru ini dikemas lebih baik dan unggul. Kolaborasi dengan Fakultas Kedokteran juga diperlukan. Dengan  FKIP yang akan membuka Prodi Pendidikan  Olah raga, Fisioterapi ini sangat membantu dalam pengembangnnya juga dalam praktek. “Tahun ini Fisioterapi sudah bisa menereima mahasiswa,” tutur Dwi.

            Apa itu Fisioterapi? “Seperti yang kita ketahui Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh dalam kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak juga peralatan,” terang Maskud.

Dalam paparannya tentang trend pendidikan Fisioterapi Indonesia, Maskud menjelaskan bahwa dalam membuka SI FIsioterapi di UMM ini adalah menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat dalam berpartisipasi mempersiapkan tenaga Fisioterapis yang saat ini masih belum mencukupi. “Dalam mendidik mahasiswa yang perlu disiapkan adalah kompetensi umum yakni etos kerja, kompetensi akademik dan kompetensi manajemen dalam melayani pasien,” paparnya. (bib/nas)

 


Comment:


Miranda Putri
13-05-2013
10:25:22
Assalamualaikum saya berniat masuk di umm khusus nya di fakultas fisioterapi ini. Saya ingin menanyakan apakah pendaftarannya masih buka dan berapa biaya masuk nya. Trimakasih

» Balas
windy wahyuni
16-03-2013
18:47:52
assalamualaikum wr.wb. saya windy wahyuni dari sulawesi tengah, saya berminat sekali dan ingin masuk di fakultas fisioterapi ini, insyallah tahun ini saya akan mendaftar di UMM

» Balas
Mojo Baby Spa
17-11-2012
18:50:21
Assalamualaikum wr.wb. kami siap menampung lulusan fisioterapi UMM Mojo Baby Spa

» Balas
PRAMITA RESPATI
21-05-2012
07:36:17
Assalamualaikum.. saya Pramita Respati, saya sangat berminat masuk ke Fikes Fisioterapi UMM, karena di Jawa Timur, hanya ada di Malang saja. Tapi, info mengenai Fikes ini belum ada di brosur UMM,maka dari itu, saya mohon info dan penjelasan dari Fikes ini.. Trimakasih Wassalamualaikum wr... wb...

» Balas

Add New Comment:


Nama: *
E-mail: *


Website:


Komentar: *

characters left


Enter the phrase *

Berita Terpopuler

Terkomentari

    Agenda