Indonesia | English | Arabic
Jumat, 19 September 2014
Anda di : UMM >> Berita >> UMM Berita >> Dubes Buka Festival Budaya Saudi Arabia Berhadiah Umroh

Berita

Dubes Buka Festival Budaya Saudi Arabia Berhadiah Umroh
» Selasa, 01 Juni 2010 | 13:41 WIB | Dibaca: 3747
facebook umm twitter umm delicious umm digg umm berita-umm-1407.html  berita_umm_1407.pdf  berita_umm_1407.doc umm-news-1407-id.ps
   
 

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Abdul Rahman Amin Khayyath, hadir di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (31/5). Kehadirannya terkait dengan pembukaan Festival Budaya Saudi Arabia yang akan berlangung hingga besok, Selasa (1/06). Didampingi Rektor UMM, Dr. Muhadjir Effendy, MAP, Rahman meninjau semua unit yang dipamerkan di aula BAU UMM itu.

Dalam sambutannya, Dubes banyak membeberkan hubungan antara Arab Saudi-Indonesia. Menurutnya, hubungan keduanya sudah terjalin lebih dari 60 tahun, hingga kini hubungan tersebut semakin erat. Hubungan bidang kebudayaan, pendidikan, politik dan ekonomi terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

“Sekarang banyak orang Indonesia sukses di Saudi Arabia, termasuk menjadi pemain sepak bola bahkan pegawai bank asing,” kata Rahman mencontohkan.

Rahman juga memuji keberadaan UMM karena sudah menjadi univeritas Islam terbesar di Indonesia. UMM, menurutnya, memiliki peran besar dalam memperkuat hubungan antara Indonesia-Arab Saudi.

Sebelumnya, rektor menyatakan kerjasama UMM dengan dunia internasional sudah cukup baik. UMM telah bekerja sama dengan pemerintah dan universitas-universitas di hampir semua benua. Meski demikian, rektor mengakui kerjasama dengan Negara-negara Arab dirasa masih kurang. “Saya berharap, melalui festifal budaya Arab Saudi ini akan menjadi starting point bagi terbukanya kerjasama dengan perguruan tinggi Islam di Negara-negara Arab,” harap Muhadjir.

Sementara itu, sesaat setelah dibuka oleh Dubes, Festival Budaya Arab Saudi ini langsung diserbu masyarakat. Sebagian mereka adalah mahasiswa dan siswa-siswa SMA dari Malang dan sekitarnya. Mereka menikmati berbagai sajian, mulai kitab-kitab klasik, dokumentasi haji, alqur-an yang diterjemahkan dalam terbilang sangat menarik. Yang tak kalah menariknya ada sajian makanan dan minuman khas Arab yang bida dicicipi secara gratis.

Tak hanya itu, pengunjung juga dipersilakan foto menggunakan pakaian khas Arab, lengkap dengan kafiyeh dan jubah putih bagi laki-laki dan jubah hitam bagi perempuan dengan latar belakang dekorasi bernuansa Arab. “Foto itu bisa langsung dicetak dan dibawa pulang,” kata salah seorang petugas yang menjaga stand foto itu.

Koordinator divisi kerjasama Timur Tengah UMM, Drs. Abdul Haris, MA, menjelaskan, acara ini merupakan kelanjutan kerjasama antara UMM dengan Kedutaan Besar yang sudah berlangsung selama ini. “Masyarakat umum bisa mengunjungi festival ini untuk melihat secara langsung produk-produk budaya Arab, seperti film tentang Raja Abdul Aziz, sejarah serta budaya rakyatnya,” kata Haris. Di festival yang dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB itu juga disediakan kuis berhadiah dua paket umroh, lengkap dengan akomodasinya. (trs/nas)

 

(nas)


Comment:


Add New Comment:


Nama: *
E-mail: *


Website:


Komentar: *

characters left


Enter the phrase *

Terkomentari

    Agenda