Novel '1984' akan Dipentaskan di Panggung Broadway AS

Author : Administrator | Selasa, 07 Februari 2017 00:00 WIB | - Teater

Seni dan Budaya

Rahman Indra, CNN Indonesia

Setelah sukses dengan gelarannya di London, novel George Orwell itu akan diangkat ke atas panggung Broadway, AS pada Juni mendatang. (Foto: AFP PHOTO / Aaron Tam)

 

Jakarta, CNN Indonesia -- Pertunjukan seni yang diadaptasi dari novel George Orwell, 1984 akan dibawa ke pentas Broadway, AS pada Juni mendatang. Pertunjukan ini menyusul sukses pentas yang digelar sebelumnya di London. 

Pementasan 1984 di Broadway diproduksi oleh produser Sonia Friedman dan Scott Rudin yang juga menjadi produser untuk pentas Harry Potter and the Cursed Child. 

Naskahnya ditulis dan disutradarai Robert Icke, yang merupakan salah satu sutradara teater ternama London. Ia juga memproduksi pentas The Red Barn karya David Hare yang dipentaskan di National Thatre, dengan para pemeran Mark Strong dan Hope Davis. Dibuat oleh Icke dan Duncan Macmillian, 1984 sukses saat pertama kali dipentaskan di London pada 2014. 

Mengutip Variety, 1984 akan pentas di gedung terbaru Broadway di Hudson Theater. Gedung teater ini dijadwalkan buka akhir bulan ini dengan pementasan pembuka Sunday in the Park with George yang dibintangi Jake Gyllenhaal. 

Pentas 1984 aslinya diproduksi di Inggris oleh Headlong, Nottingham Playhouse dan Almeida Theatre. Adapun yang terlibat di dalamnya ada Chloe Lamford di bidang set dan kostum, Natasha Chivers tata cahaya panggung, Tom Gibbons untuk tata suara, dan Tim Reid untuk video. 

Tim produksi tersebut dikabarkan akan kembali turut menangani pentas yang akan berlangsung di Broadway. Sementara, audisi para pemerannya masih belum menadapat jadwal pasti. 

Pentas 1984 dijadwalkan dibuka pada 22 Juni mendatang, dan menjadi pertunjukan seni pertama Broadway musim 2017-2018. 

Novel yang ditulis Orwell tersebut berlatar Airstrip One, yang diyakini versi futuristik Inggris, dengan pemerintah tirani yang penuh siasat dan manipulasi publik. Menurut The Hollywood Reporter, novel ini kembali laris dan dicari publik seiring terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS. 

Novel yang diterbitkan pada 1949 itu pernah diangkat ke layar lebar di tahun yang sama. Disutradarai Michael Radforn, film tersebut dibintangi John Hurt sebagai pemeran utamanya Winston Smith, serta Richard Burton dan Suzanna Hamilton. Adaptasi novel itu kemudian juga kembali difilmkan pada 1956. (rah)

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20170206145009-241-191602/novel-1984-akan-dipentaskan-di-panggung-broadway-as/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image