10 Film Hollywood Terhot 2016

Author : Administrator | Selasa, 10 Januari 2017 00:00 WIB | Detik News - Sinema

Seni dan Budaya

Jakarta - Industri perfilman Hollywood dianggap sebagai industri film terbesar selama ini. Nah, di sepanjang 2016 ada beberapa film yang dianggap sukses. Tolak ukurnya tak hanya dilihat dari jumlah penonton yang banyak, keuntungan yang diperoleh namun juga paling banyak diperbincangkan. Ada pula di antaranya dianggap cemerlang dan layak masuk dalam kompetisi penghargaan paling bergengsi Academy Awards 2017.

Deretan film ssuperhero Amerika mengisi layar bioskop di 2016. 'Deadpool' menjadi salah satu film superhero yang membuka tahun 2016 lalu. Dibuat dengan budget cukup ketat sekitar $58 juta, film yang dibintangi Ryan Reynolds ini meraup keuntungan berlipat hingga $783 juta atau sekitar Rp 10,4 miliar. Pencapaian tersebut membuat 'Deadpool' menduduki peringkat sepuluh besar sebagai film dengan pendapatan tertinggi.

Film superhero selanjutnya yang masuk dalam daftar film Hollywood terHot yakni 'Captain America Civil War'. Akhir trilogi cerita Captain America ini menambah deret pujian yang diterima Marvel. Sebelum bicara soal keuntungan yang diraih, bagian ketiga Captain America ini menerima banyak review positif. seri 'Civil War' dinilai sempurna terutama dari sisi sinematik. Anthony dan Joe Russo juga berhasil menempatkan sejumlah karakter superhero dalam cerita. Tak hanya Captain America dan Iron Man, beberapa superhero lain yang dihadirkan di antaranya Ant Man, Black Panther juga Spider-Man yang kini tengah diproduksi untuk seri film terbarunya. Secara keseluruhan, 'Captain America Civil War' berhasil meraih pendapatan hingga $1,1 miliar dari penayangannya di seluruh dunia. Menempatkannya dalam daftar sebagai salah satu film paling menguntungkan sepanjang masa.

Setelah Marvel, film produksi DC Comics dan Warner Bros 'Suicide Squad' juga menjadi film yang dinanti-nanti tahun lalu. 'Suicide Squad' yang mengangkat aksi para penjahat super ini melibatkan sejumlah bintang di antaranya Will Smith juga Margot Robbie. juga Jared Leto. Yang selalu diperbincangkan yakni karakter Joker di mana Jared Leto dipercaya memerankan tokoh tersebut. Namun karena sama-sama superhero, 'Suicide Squad' yang merupakan produksi film DC ini lantas santer dibandingkan dengan Marvel. Banyak yang menganggap naskahnya belum sempurna dan dianggap masih berlubang di beberapa bagian filmnya. Meski lantas disebut sulit mengejar ketertinggalan dengan Marvel, film ini tetap memancing minat penonton untuk mampir ke bioskop. 'Suicide Squad' juga berhasil menempati daftar sebagai film paling menguntungkan di 2016.

Aktor Benedict Cumberbatch tampil begitu spesial lewat perannya sebagai karakter superhero dengan kekuatan mistis dalam 'Doctor Strange'. Meski kemudian film ini sempat menuai kritik karena dianggap menyalahi gender sekaligus rasis sebab tak memilih karakter guru asal Tibet dan dimainkan oleh aktor yang non Asia, namun kisah superhero satu ini menarik minat penonton terlebih penggemar Marvel. 'Doctor Strange' sukses tak hanya dari nominal pendapatan yang diraih. Film ini dinilai sempurna dalam penampilan para aktornya juga efek visual yang digunakan.

Dari film-film bertema superhero, kini beralih ke film bertema drama namun tak kalah sukses sekaligus diperbincangkan karena dinilai cemerlang tak hanya secara visual namun juga memperoleh pujian di sisi cerita juga akting para bintangnya. Salah satunya yakni 'La La Land' yang dibintangi Ryan Gosling dan Emma Stone. Dirilis di Amerika Serikat pada 9 Desember 2016 oleh Summit Entertainment, film ini mendapat pujian luas dari para kritikus. 'La La Land' juga masuk dalam daftar 10 besar film terbaik 2016. Film drama romantis ini disebut-sebut akan berjaya di ajang Academy Awards mendatang. Di sejumlah ajang sebelum Oscar berlangsung 'La La Land' mengisi berbagai nominasi bergengsi. Salah satunya di penghargaan Golden Globe yang menempatkannya juara di beberapa nominasi besar seperti Best Director, Best Actor untuk Ryan Gosling sekaligus Aktris Terbaik untuk Emma Stone.

Pertarungan Batman versus Superman juga menjadi aksi yang tak dilewatkan pecinta film di 2016. DC mengadaptasi ceritanya dari seri komik Batman dalam The Dark Knight Returns yang ditulis oleh Frank Miller. Hasilnya, film ini menuai kritikan meski sebagian penggemar menilai sang sutradara Zack Snyder cukup baik membawa cerita komiknya secara visual. 'Batman v Superman: Dawn of Justice' menuai banyak keuntungan di minggu pertama rilis, namun turun drastis di minggu berikutnya di peringkat box office.

Dari 'Sully' yang diangkat dari peristiwa nyata, kini ada film yang tak kalah sukses meski kisahnya penuh fantasi. 'Fantastic Beasts and Where to Find Them', spin-off cerita Harry Potter ini menduduki peringkat ke-9 dalam daftar film paling laris di 2016. Peran Eddie Redmayne sebagai Newt Scamander menggiring imajinasi dan bak menebus kerinduan para Potter Head atau penggemar Harry Potter. Dirilis pada 10 November di New York dan 18 November tahun lalu di seluruh dunia, film ini berhasil meraih pendapatan hingga $777 juta.

Masih dari film-film bertema fantasi, 'The Jungle Book' menjadi salah satu film yang tak bisa dilewatkan dalam daftar film terHot tahun 2016 lalu. Sutradara Jon Favreau berhasil mengadaptasi kisah petualangan bocah bernama Mowgli yang besar di hutan dan hidupnya dibimbing oleh sejumlah binatang. Melibatkan Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong'o, Scarlett Johansson, Giancarlo Esposito, dan Christopher Walken, 'The Jungle Book' berhasil masuk dalam daftar film paling menguntungkan sepanjang masa juga peringkat 10 besar di 2016 lewat pencapaian pendapatan hingga $996 juta.

Film berikutnya yang masuk dalam daftar film terHot yakni film yang diangkat dari kisah biografi, 'Hackshaw Ridge'. Kisah seorang tentara medis yang beraksi di medan perang ini bercerita tentang sosok Desmond Doss. Ia diperankan dengan apik oleh Andrew Garfield. Tak hanya cukup memuaskan dari sisi pendapatan yang diperoleh senilai $137 juta, film ini juga direview positif oleh sejumlah kritikus. Hal itu membawa 'Hackshaw Ridge' trpilih masuk dalam nominasi di sejumlah ajang di antaranya Golden Globe.

Dari film bergenre fiksi ilmiah dalam 'Arrival', penonton diajak untuk kembali mendekat pada sosok makhluk asing bersama pesawat UFO. Diadaptasi dari sebuah cerita pendek berjudul Story of Your Life, film ini dibintangi Amy Adams, Jeremy Renner juga Forest Whitaker. Dirilis pertama kali di ajang Venice Film Festival, pujian diterima film garapan Denis Villeneuve (Sicario - 2015) ini lewat skenario sekaligus peran Amy Adams sepanjang film. Golden Globe melibatkan 'Arrival' dalam kompetisi film-film terbaik lewat nominasi Best Actress dan Best Original Score.

Sumber: https://hot.detik.com/movie/d-3391777/10-film-hollywood-terhot-2016/11
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image