Susunan Batu Bata Mirip Rumah Majapahit di Temukan di Kediri

Author : Administrator | Sabtu, 29 September 2012 13:47 WIB | - Seni Rupa
Situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Asmorobangun, Puncu, Kediri / foto: detik

LENSAINDONESIA.COM: Situs bangunan kuno yang terbuat dari tatanan batu bata ditemukan di Desa Asmorobangun, Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

Bongkahan bangunan kuno iyakini warga sebagai peninggalan zaman Kerajaan Majapahit sebagai tempat pemujaan itu pertama kali bangunan kuno tersebut ditemukan Samiran (40), penggali pasir warga Sidorejo Desa Asmorobangun I Kecamatan Puncu.

Saat itu saksi kaget saat mencangkul mengenai ujung batu bata yang tertata rapi diperkirakan berukuran 4×6 meter.

Saat galian semakin diperluas, ternyata tumpukan batu bata itu berwujud menyerupai bentuk pondasi rumah. “Cangkul saya tiba-tiba membentur benda keras dan setelah pecah ternyata batu bata. Begitu saya gali lebih dalam baru kelihatan tatanan menyerupai bangunan,” kata Samiran dilokasi penemuan, Sabtu (29/9/2012).

Karena meyakini banda yang ia temukan itu peninggalan sejarah, Samiran langsung melapor ke polisi.

Kabar penemuan bangunan kuno tersebut kemudian didengar Polsek Puncu. Selang beberapa saat, petugas kepolisian mendatangi lokasi penemuan dan meminta agar penggalian pasir dihentikan.

“Sebenarnya bangunan kuno ini ditemukan sejak beberpa hari lalu. Namun baru sekarang hal tersebut diketahui oleh pihak kepolisian,” ujar Keces (50), warga sekitar.

Usai penemuan itu terjadi peristiwa aneh. Dikabarkan ada seorang warga yang mencoba membawa pulang salah satu batu bata tersebut ke rumahnya. Namun sial, ternyata cucu orang yang membawa batu bata kuno tersebut tiba-tiba kejang seperti kesurupan.

Begitu batu bata tersebut dikembalikan ke tempat asalnya, barulah cucu warga tersebut bisa kembali sembuh dari sakitnya dan normal seperti sedia kala. Karena dianggap sebagai tempat sakral, kemudian beberapa warga ada yang memberi sesajen dan melakukan ritual kejawen di lokasi penemuan situs.@LI-13/aka

Sumber: http://www.lensaindonesia.com
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1