Gelar Pameran Lukisan, Kadin Fasilitasi Pelaku Industri Kreatif

Author : Administrator | Senin, 06 Maret 2017 | Republika - Seni Rupa
Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
 
Sejumlah pelajar belajar mengenal peningglan sejarah saat berkunjung di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (23/3).
 
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadin Indonesia menggelar pameran lukisan karya Sidik W. Martowidjojo dengan tema 'Illuminate' yang berarti pencerahan sejak 2-20 Maret mendatang di Museum Nasional Jakarta. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat, mengatakan pameran tersebut digelar untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di dalam negeri. 

Erik menyebut, sektor industri kreatif merupakan salah satu industri unggulan di Indonesia yang diyakini dapat memberikan kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional. Di antara beragam produk industri kreatif di Tanah Air, seni rupa dan seni lukis merupakan salah satu yang cukup potensial.

"Sektor seni rupa Indonesia memiliki potensi besar baik secara kualitas, kuantitas, pelaku kreatif, produktivitas hingga potensi pasarnya," ujarnya, lewat keterangan tertulis, Senin (6/3). 

Menurut Erik, seni rupa Indonesia sebenarnya memiliki jaringan yang lebih baik di luar negeri. Banyak potensi seni rupa Indonesia yang belum ditampilkan secara maksimal sehingga belum banyak dikenal di negeri sendiri. Padahal, bila dimaksimalkan seni rupa khususnya seni lukis selain dapat menjadi sumber devisa kebudayaan yang bernilai tinggi juga dapat mengangkat nama Indonesia ke mata dunia. Ini karena seni lukis memiliki standar penilaian internasional dan menjadi ukuran kemajuan peradaban budaya sebuah bangsa. 

Oleh karenanya, lewat pameran lukisan tersebut, Kadin mendorong agar industri kreatif dapat lebih berkembang dan perlu mendapat perhatian lebih serius.

"Kami berupaya secara aktif mendukung dan memfasilitasi insan kreatif Indonesia yang memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar,” kata Erik.

Pameran yang digelar Kadin akan menampilkan 80 karya maestro lukis Indonesia, Sidik W. Martowidjojo. Sidik sendiri sebelumnya sudah kerap kali mengikuti pameran lukis, baik di skala nasional maupun internasional. Ia merupakan pelukis Indonesia pertama yang meraih dua penghargaan emas dari Louvre International Art, Prancis. Ia juga pernah menerima penghargaan dari National Art Museum of China. 

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menambahkan, pameran 'Illuminate' sekaligus menjadi titik awal rangkaian pameran berskala internasional di Eropa dan Amerika yang akan menampilkan karya-karya Sidik. Ia optimistis penyelenggaraan pameran tersebut juga dapat menjadi pintu gerbang diplomasi kebudayaan yang membuka mata dunia akan kekayaan potensi industri kreatif di Indonesia.

Sumber: http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/17/03/06/omdq4i335-gelar-pameran-lukisan-kadin-fasilitasi-pelaku-industri-kreatif
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1