Legenda 'Rock n Roll' Chuck Berry Tutup Usia

Author : Administrator | Senin, 20 Maret 2017 00:00 WIB | - Musik

Seni dan Budaya

Ervina Anggraini, CNN Indonesia

Musisi Chuck Berry tutup usia, Sabtu (18/3). (Foto: AFP PHOTO/Timothy Hiatt)

Jakarta, CNN Indonesia -- Chuck Berry, salah satu ikon sekaligus pelopor musik rock 'n' roll dikabarkan tutup usia pada Sabtu (18/3) di rumahnya di Missouri, Amerika Serikat.

Polisi di St. Charles County, di luar St. Louis mengatakan, mereka dihubungi oleh pengurus rumah Berry yang melaporkan bahwa dia sakit. Saat tiba di lokasi, petugas layanan darurat mendapati Bery sudah tak sadarkan diri.

Petugas medis sudah berupaya menyadarkannya dengan meresutisasi jantung dan paru-paru, namun tidak berhasil. Berry dinyatakan meninggal dunia pukul 13.26 waktu setempat.

Selain dikenal lewat karya bermusiknya, Berru juga dikenal sebagai orang yang bermasalah dengan hukum. Ia juga sempat menhadapi tudukan serangan seksual ketika tengah berada di puncak karirnya sebagai musisi.
"Pria berusia 90 tahun tersebut tak terselamatkan dan dinyatakan meninggal dunia pukul 13.26 waktu setempat. Kepolisian St. Charles County dengan berat hati menyatakan kematian Charles Edward Anderson Berry Sr., atau yang lebih dikenal sebagai musisi legendaris, Chuck Berry," tulisn pihak manajemen pada akun Facebook seperti dilansir CNN.

Berry yang wafat di usia 90 tahun merupakan gitaris paling berpengaruh dan pencipta nyanyian parau yang mendefinisikan suara awal dan detak genre rock 'n' roll sejak tahun 1950'an.

Semasa hidupnya, Berry memiliki pengaruh monumental ke kalangan anak muda lewat petikan gitarnya. Sejumlah hits seperti 'Maybelline', 'Roll Over Beethoven', 'Johnny B. Goode', dan 'Rock and Roll Music' familiar di telinga pecinta rock 'n' roll.


Sebelum tutup usia, sejatinya ia akan menandai ulang tahunnya ke-90 dengan merilis album pertamanya dalam 38 tahun terakhir lewat lirik khasnya sendiri. Di album tersebut, Berry melibatkan sejumlah musisi seperti T-Bone walker, Carl Hogan dari band Louis Jordan dan Charlie Christian dari band Benny Goodman sebagai gitaris pendukung.

Di awal karirnya, Berry mucul saat isu rasial masih hangat diperbincangkan di Amerika Serikat. Namun kepiawaannya bermusik membuat semua pemuda dari berbagai latar belakang sulit menolak energi dan kemampuannya menghibur. (evn)

 

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20170319105302-227-201150/legenda-rock-n-roll-chuck-berry-tutup-usia/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image