Tentang Situs UMM

Pengembang Website

Lembaga Informasi dan Komunikasi (Lembaga Infokom) Universitas Muhammadiyah Malang yang beralamat di Gedung Infokom Kampus III UMM, Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, Phone: +62 341 464318 -19 Ext. 158, 159, dan 178.  Website: http://infokom.umm.ac.id.  Email: infokom@umm.ac.id.  Lembaga Infokom dalam hal ini melibatkan banyak SDM sebagai Tim Pengembangan Website.
Teknologi
Google Google Scholar
Yahoo Site Explorer
Bing Search
Exalead Search PKP Eprints Wikipedia
Apache Web Server PHP My SQL Linux
W3C XHTML W3C CSS Ganesha Digital Library Wordpress
phpbb Moodle UMM on Facebook UMM on Twitter
Infrastruktur
 
Koneksi internet didukung oleh: Indosat Mega Media (IM2) dan ASTInet Telkom Indonesia
Ciri Khas

Website Universitas Muhammadiyah Malang (www.umm.ac.id) dirancang secara dinamis.  Manajemen dilakukan secara desentralisasi, yaitu sharing dengan semua unit-unit kerja yang ada untuk meng-upload, meng-update, dan lain-lain.  Selain berciri dinamis, website resmi UMM dibuat dengan ciri khas, yaitu: warna dasar adalah Merah Marun (sesuai Jas Almamater UMM).  Banner-banner sub-domain dibuat dengan ukuran yang sama dengan desain relatif seragam.  Unit-unit dapat mengubah banner tersebut sesuai ciri khas masing-masing unit kerja.
Sejarah Arsip Website UMM


Website Universitas Muhammadiyah Malang (www.umm.ac.id) sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1995 (baru tercatat di arsip website tahun 1998).  Pada saat itu, website UMM dikembangkan oleh Unit Pengelola Internet (UPI).  Website masih didesain dalam website sederhana, statis dan hanya terdiri dari domain tunggal (single domain).  Seluruh menejemn website ditangani secara tersentral oleh UPI.
 

Keberadaan website statis ini berlangsung sangat lama, yaitu hingga akhir tahun 2009.  Sesuai dengan kebutuhan layanan ICT, pada tanggal 30 Desember 2008, rektor UMM membentuk lembaga baru, yaitu Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) sebagai peleburan dari Unjit Pengelola Internet (UPI), UPT Komputer dan UPT Teknologi Pengembangan Pembelajaran (TPP).  Lembaga Infokom bertanggung jawab untuk mengembangkan layanan bebasis IT di UMM termasuk mengelola website.
 

Pada awal tahun 2009, Tim Pengembang website di bawah kendali Lembaga Infokom mulai mendesain website baru.  Website ini direncanakan berupa website dinamis.  Sekitar bulan Maret 2009, UMM mempublish prototipe website baru dengan tampilan yang berbeda, yaitu terdapat index menu di halaman muka.  Prototipe ini masih berupa website statis, karena menu dan konten masih belum dapat dilakukan oleh unit lain.  Website dinamis UMM sudah selesai dikembangkan dan pertama kali dipublish pada tanggal 27 Oktober 2009.  Website ini terdiri dari sekitar 217 sub domain, yaitu situs seluruh unit kerja yang ada di UMM.  Website dinamis ini dikelola secara bersama oleh masing-masing unit kerja yang mempunyai sub domain.  Lembaga Infokom hanya mengelola www.umm.ac.id.  Dengan demikian, manajemen website menjadi lebih mudah dan update serta penambahan menu atau konten diserahkan masing-masing sub domain.  Website yang sudah dipublish ini sudah merencanakan dalam bentuk tiga bahasa, namun belum berfungsi.
 

Pada tanggal 14 Oktober 2010, website UMM resmi menggunakan tiga bahasa, yaitu: bahasa Indonesia (sebagai default), bahasa Inggris dan bahasa Arab.  Pada awal launching, baru konten yang ada di domain utama yang diterjemahkan dalam kedua bahasa asing tersebut.  Penggunaan tiga bahasa ini ternyata berhasil meningkatkan jumlah visitor ke website UMM.
 

Seiring dengan tuntutan pengguna internet yang berasal dari seluruh dunia, maka pada tanggal 19 Matret 2011, websitge UMM menggunakan bahasa Inggris sebagai default.  Keputusan ini sudah disetujui oleh bapak rektor UMM sebagai salah satu jalan untuk mewujudkan cita-cita bahwa pada tahun 2015, UMM harus menjadi A World-Class University.
 

Pada saat ini (22 Maret 2011) jumlah sub domain yang di website UMM sudah sebanyak 217.  Sub domain ini termasuk situs yang dimiliki oleh seluruh organisasi dan unit kegiatan kemahasiswaan.  Selain itu juga termasuk sub domain yang digunakan untuk kegiatan temporal, seperti seminar, kontes, workshop dan lain-lain.  Selain itu juga sudah berisi sub sub domain, yaitu berupa blog staff sebanyak 341 dan blog student sebanyak 8.884 blog.
 

Arsip-arsip desain website yang pernah dibuat oleh Universitas Muhammadiyah Malang telah terekam dengan baik oleh suatu situs, mulai tanggal 25 Mei 1998 sampai dengan sekarang. Untuk melihat arsip perkembangan desain website UMM dapat diakses di situs: Internet Archive Wayback Machine.

 
Peta Situs
 Untuk peta situs (site map) Click di sini.
Prestasi
Edisi Januari 2010 : Ranking 4.729 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 35 website universitas tingkat Indonesia
Edisi Juli 2010 : Ranking 2.310 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 17 website universitas tingkat Indonesia
Edisi Januari 2011 : Ranking 1.395 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 18 website universitas tingkat Indonesia
Edisi Juli 2011 : Ranking 1.264 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 8 website universitas tingkat Indonesia
Edisi Januari 2012 : Ranking 1.768 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 19 website universitas tingkat Indonesia
Edisi Juli 2012 : Ranking 1.492 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 18 website universitas tingkat Indonesia
Edisi Januari 2013 : Ranking 1.440 Webometrics untuk tingkat dunia dan ranking 19 website universitas tingkat Indonesia



Ranking 2.886 4icu untuk tingkat dunia; Ranking 21 untuk tingkat universitas Indonesia ; Ranking 5 untuk tingkat PTS Indonesia; Ranking 1 untuk tingkat PTM Indonesia
(Edisi Juli 2010)

Ranking 2.478 4icu untuk tingkat dunia; Ranking 20 untuk tingkat universitas Indonesia ; Ranking 5 untuk tingkat PTS Indonesia; Ranking 1 untuk tingkat PTM Indonesia
(Edisi Januari 2010)

Ranking 2.283 4icu untuk tingkat dunia; Ranking 14 untuk tingkat universitas Indonesia ; Ranking 3 untuk tingkat PTS Indonesia; Ranking 2 untuk tingkat PTM Indonesia
(Edisi Juli 2011)






Bintang 2 dari QS Starts (Edisi September 2011)

Shared: