Jurusan Teknik Mesin berdiri 1980 dan telah meluluskan lebih dari 4000 Sarjana Teknik Mesin yang berkarier di bidang: pertambangan dan energy, manufaktur, akademisi baik di dalam maupun luar negeri. Jurusan ini dikelola oleh 24 Dosen yang bergelar Doktor dan Magister.   
 
Lulusan dibekali dengan ketrampilan dan keahlian bidang teknik mesin antara lain Desain dan Konstruksi Mesin, Konversi Energi, Produksi Pemesinan dan Pembentukan. Fasilitas laboratorium antara lain, Fisika, Kimia, Gambar dan Elemen Mesin, CAD dan CAM, Fenomena Dasar Mesin, CNC, Pneumatik dan Hidraulik, Pengujian Logam dan Metallurgy, Pengujian Prestasi Mesin, Metrologi, Pengukuran dan Instrumentasi, Bengkel, serta Industri. Dukungan ekstra kurikuler terdiri atas Otomotif, Roket, Robotik, Rekayasa Disain, dan kegiatan penalaran, sosial kemasyarakatan dan minat-bakat.
 

Untuk mencapai tujuan diatas, kurikulum Jurusan Teknik Mesin dirancang agar lulusan memiliki kemampuan menyusun konsep, perancangan, implementasi dan operasional sehingga basis kompetensi utama dalam bidang rancang bangun permesinan dan kompetensi pendukung dalam bidang kontrol automatik. Sedangkan kompetensi pelengkap merupakan bidang keahlian khusus  yakni;

  1. Konstruksi Mesin; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain konstruksi mesin baik aspek konstruksi maupun ekonominya.
  2. Konversi Energi; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, merawat dan mendesain alat-alat dan mesin konversi energi beserta aspek-aspek ekonominya.
  3. Produksi Permesinan. bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain proses permesinan baik aspek desain mesin-mesin, desain produk dan produksi.
  4. Produksi Material; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, memadukan dan memproduksi komponen mesin berdasarkan material.

Struktur program pengajaran adalah dalam bentuk paket modul pada tahun pertama dan diterapkan sistem sks penuh pada tahun kedua hingga terakhir dengan total kredit sebesar 150 sks yang dapat berkembang hingga 160 sks tergantung kemauan mahasiswa yang memilih matakuliah pilihan sebagai pengkayaan pengetahuannya. Selama 3 tahun mahasiswa mempelajari dasar-dasar teknik mesin, matematika dan pengetahuan ketrampilan dasar teknik mesin, matematika dan manajemen diperlukan untuk menjadi rekayasawan mekanikal profesional. Pada akhir tahun mahasiswa dapat memilih sejumlah matakuliah secara bebas untuk mempersiapkan diri untuk mengawali kariernya. Satu (1) sks dapat disajikan dalam beberapa Jam Sajian (JS) dengan cara penyajian Kuliah (K), Praktikum (P) dan Tugas Lapangan (T).

Website: mesin.umm.ac.id

 

 
Shared: