Program penelitian yang dilaksanakan di DPPM UMM secara garis besar berdasarkan asal sumber dana dapat dibedakan menjadi Program Penelitian Internal dengan sumber dana DPP-UMM serta Program Penelitian Eksternal dari berbagai pemberi dana diluar UMM. Program penelitian internal merupakan penelitan pendahuluan sekaligus pembinaan dan persiapan yang diharapkan selanjutnya akan memperkuat penelitian UMM untuk memperoleh pendanaan ekternal. Program pengabdian masyarakat juga terdiri dari Program Pengabdian Internal dan Eksternal berdasarkan sumber dana yang diperoleh.


Pengelolaan program penelitian internal pada tahun 2007 mengalami  perubahan paradigma di dalam pengelolaan penelitian, yaitu penelitian bidang ilmu (PBI) digantikan dengan penelitian pengembangan ilmu pengetahuan (P2I), penelitian program unggulan (P2U) digantikan dengan Penelitian Dasar Keahlian (PDK) dan Penelitian Berbasis Produk (PBP). Perubahan tersebut didasarkan pada upaya untuk  peningkatan lebih banyak lagi jumlah penelitian internal yang nantinya dapat lolos dalam penelitian eksternal, baik dari dana penelitian Dikti, Ristek dan maupun sumber dana penelitian lainnya.

 

Universitas Muhammadiyah Malang  dalam pengembangan penelitiannya mengacu pada Agenda Riset dan Pengembangan IPTEKS Universitas Muhammadiyah Malang (ARUMM) suatu pendekatan baru dalam penelitian khususnya dosen, ini merupakan dokumen yang disusun untuk memberikan arah prioritas kegiatan, target dan indikator capaian kegiatan pengembangan IPTEKS di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang, dalam suatu proyeksi capaian jangka panjang untuk kurun waktu 2011-2015. Agenda Riset dan Pengembangan IPTEKS Universitas Muhammadiyah Malang (ARUMM) dilaksanakan untuk mengakomodasi sumbangan pemikiran yang substantif dari segenap perwakilan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan (Fakultas, Pusat Studi, Lembaga) dan berbagai program studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang, pemerintah, pelaku usaha/industri, serta stakeholders terkait.  Realisasi ARUMM 2011-2015  menjadi tanggungjawab bersama seluruh komponen  civitas akademika di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang dan disertai komitmen bersama untuk membangun kemampuan pengembangan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang untuk menghadapi tantangan pembangunan nasional.

 

Realisasi ARUMM 2011-2015  ditekankan pada beberapa hal sebagai berikut:

1.   ARUMM 2011-2015 dilaksanakan dalam kerangka untuk mengembangkan IPTEKS, yang  ditujukan untuk membangun kesejahteraan dan peradaban bangsa.

2.   ARUMM 2011-2015 dilaksanakan dengan menekankan prinsip dasar dan nilai-nilai luhur keislaman, etika akademik dan budaya akademik.

3.   ARUMM 2011-2015 dirancang untuk memacu kreativitas IPTEKS civitas akademika berbasis masyarakat (Knowledge Based Society).

4.   Prioritas kegiatan ARUMM 2011-2015 disesuaikan dengan Rencana Pembangunan  Jangka  Menengah (RPJM) Nasional dan Kebijakan Strategis Pembangunan Nasional (Jakstranas) IPTEK, dan disesuaikan dengan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.

 

Untuk mencapai kesejahteraan berkelanjutan tersebut, Agenda Riset dan Pengembangan IPTEKS UMM (ARUMM) ditetapkan sebagai berikut:

1. Ketahanan dan keamanan pangan

2. Teknologi dan ketahanan energi

3. Perubahan iklim dan kelestarian lingkungan

4. Kesehatan, obat-obatan dan gizi

5. Sosial budaya dan integrasi bangsa

6. Keislaman dan kemuhammadiyahan

7. Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak

                8. Pendidikan dan pengajaran berbasis kearifan lokal bervisi global
 
Informasi lebih lanjut tentang penelitian dapat diakses di website DPPM.
Shared: