Arah penyelenggaraan program Doktor Ilmu Sosial dan ilmu politik dipandu oleh adanya kejelasan visi, misi, tujuan dan ketentuan akademik sebagai berikut:

Visi
Terwujudnya Program Doktor ilmu Sosial dan ilmu politik yang menghasilkan ilmuwan yang peka dalam memecahkan permaslahan sosial dan politik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan keislaman.
 
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor yang menghasilkan sumber daya manusia handal secara intelektual profesional dan moral.
  2. Melaksanakan pendidikan doktor yang menghasilkan sarjana yang aktif dan kreatif dalam melahirkan konsep, teori dan metode penelitian baru yang bermanfaat dalam memecahkan maslah dan krisis sosial dan politik.
 
Tujuan
Penyelengaraan program Doktor ini bertujuan mempersiapkan peserta menjadi sarjana yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Dengan integritas sosial yang tinggi dan memiliki:
  1. Kemampuan menguasai dan menggunakan alur pikir teori-teori ilmu sosial untuk menganalisis dan memecahkan problem sosial, sehingga tampak jelas kontribusi ilmu sosial dalam pembangunan sosial dan politik.
  2. Kemampuan melakukan penelitian untuk pengembangan teori-teori ilmu sosial atau menemukan konsep dan teori baru atau menciptakan metode penelititan baru.
  3. Kemampuan merencanakan dan memimpin aktivitas penelitian atau bekerjasama dengan peneliti-peneliti lainutnukpengembangan disiplin ilmu sosial dan politik.
 
Beban dan lama Studi
Masa Studi program Doktor direncanakan selama enam semester atau tiga tahun, dengan beban studi 46 SKS.
 
Mata kuliah
Perkuliahan dititik beratkan pada bacaan untukpenguasaan dan aplikasi metodologi penelitianm, teori-teori ilmu sosial, politik, budaya, sosial ekonomi, sebagai dasar dan penunjang penulisan disertasi.
 

No

Nama Mata Kuliah

SKS

Semester

1.   

Filsafat Ilmu & Penelitian

3

I

2.   

Metode Penelitian

3

I

3.   

Teori Politik

3

I

4.   

Teori Sosiologi Klasik-Modern

3

I

5.   

Teori-teori Sosial

3

II

6.   

Teori Sosiologi  Kritis - Posmo

3

II

7.   

Politik Kawasan

3

II

8.   

Proposal Penelitian

4

III

9.   

Teori Penunjang Disertasi

3

IV

10.     

Metodologi Penunjang Disertasi

3

IV

11.     

Pra Disertasi

8

V

12.     

Seminar Hasil Penelitian Disertasi

5

V

13.     

Disertasi

8

VI

 
 
Gelar
 
Kepada setiap peserta program doktor ilmu sosial dan ilmu politik yang telah diberikan menyelesaikan studinya sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan(beban dan lama studi) diberikan gelar Doktor (Dr).
 
Fokus Disertasi
Fokus penelitian atau disertasi sesuai dengan (sub) disiplin ilmu-ilmu sosial seperti: Sosiologi politik, Sosiologi pendidikan, Sosiologi Komunikasi, Sosiologi agama, Psikologi Sosial, hubungan internasional, Sosilogi kesehatan, Sosiologi Militer dan lain-lainya yang non-eksak.

Website: pascasarjana.umm.ac.id

Shared: