Perpustakaan

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki empat perpustakaan besar dengan total luas bangunan sebesar 5.586,72 m2. Perpustakaan Pusat, terletak di Kampus III dan terdiri dari tiga lantai dengan ukuran 4,690 m2. Sementara itu, Perpustakaan Masjid AR Fachruddin yang terletak di Masjid AR Fachruddin Kampus (Kampus III) berukuran 134,32 m2. Perpustakaan Kampus II terletak di Kampus II (Jl. Bendungan Sutami 188) dengan ukuran 750 m2. Sedangkan Perpustakaan Pascasarjana terletak di Kampus I (Jl. Bandung No 1) dengan ukuran 120,4 m2. Selain beberapa perpustakaan tersebut, ada juga perpustakaan yang dimiliki masing-masing fakultas dengan ukuran 64 m2. Perpustakaan fakultas dilengkapi berbagai koleksi yang terdiri atas buku, koleksi majalah, jurnal koran, CD installer, serta CD e-book.

Dalam rangka mempermudah mahasiswa mencari buku dan hasil penelitian, perpustakaan UMM juga menyediakan fasilitas Library Automatic Service (LASer). Sistem Aplikasi Otomatis ini memudahkan pengguna untuk menelusuri keberadaan bahan pustaka/informasi yang dimiliki perpustakaan UMM dengan cepat menggunakan Online Public Acces Catalog (OPAC).

Meraih Sertifikat Akreditasi Golongan A dari Perpustakaan Nasional dengan Nomor 05/1/ee/VIII2015 pada 7 Agustus Tahun 2015, perpustakaan UMM juga kerap menjadi rujukan dan tujuan studi banding bagi lembaga-lembaga eksternal. Pengelolaan jurnal baik cetak maupun online oleh Perpustaakaan UMM sering menjadi percontohan bagi kampus atau instansi lain. 

Guna melayani mahasiswa, perpustakaan UMM juga menyediakan fasilitas internet gratis. Hanya berbekal Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), setiap mahasiswa UMM dapat menggunakan fasilitas tersebut. Bukan hanya itu, layanan foto copy, scanning, CD-Writing, kantin dan musholla juga menjadikan perpustakaan tempat yang nyaman dikunjungi.

Dikelilingi beberapa gazebo kayu berukuran besar dan rindang pepohonan, perpustakaan pusat kampus III menjadi salah satu tempat favorit mahasiswa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari bersantai hingga mengikuti kelas mata kuliah atau pagelaran acara tertentu. Sebagai salah satu upaya memperluas wawasan dan semangat UMM sebagai kampus bertaraf internasional, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan UMM Corner, Mandiri Corner, Tarmidzi Taher Corner, Djohan Efendy Corner, Jacob Oetama Corner, American Corner, Thailand Corner, Cina Corner dan Australian Corner.

 

Digilib Library perpustakaan

Shared: