Sistem Perkuliahan

1.       Matakuliah dibina oleh seorang dosen dan/atau lebih pembina matakuliah yang kompetensinya dapat dipertanggungjawabkan.

2.       Matakuliah dengan tim pembelajaran di bawah tanggung jawab seorang dosen koordinator matakuliah.

3.       Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka, tutorial, praktikum, praktik kerja lapangan, praktik kerja usaha, kuliah lintas fakultas/jurusan, studium general, dan kuliah tamu: 

a.       Tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang mempertemukan dosen dan mahasiswa dalam mengkaji pokok bahasan tertentu.

b.      Tutorial adalah kegiatan pembimbingan kelas yang dilakukan dosen dalam memecahkan permasalahan pokok bahasan tertentu.

c.       Praktikum adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan percobaan dan penelitian.

d.      Kuliah lintas fakultas/jurusan adalah kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh fakultas/jurusan di luar fakultas/jurusan mahasiswa peserta matakuliah.

e.      Kuliah Kerja Nyata selanjutnya disebut KKN adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMM program Sarjana Strata 1 (satu) yang merupakan perpaduan bentuk kegiatan pendidikan, penelitian lapangan dan pengabdian pada masyarakat.

f.        Praktik Kerja Lapangan adalah kegiatan pembelajaran untuk menguji dan mengaplikasikan teori di tempat pelaksanaan bidang pekerjaan tertentu.

g.       Kuliah Tamu adalah kegiatan pembelajaran yang disampaikan dosen tamu untuk menambah pengetahuan dan wawasan bidang ilmu dan pengetahuan tertentu.

h.      Program Pembentukan Kepemimpinan dan Kepribadian (P2KK) adalah program yang wajib ditempuh mahasiswa baru, mahasiswa pindahan, dan mahasiswa alih jenjang program Sarjana dan Diploma.

Shared: