Laboratorium Kimia

Laboratorium kimia yang meliputi Laboratorium Kimia Dasar, Kimia Anorganik, Kimia Organik dan Biokimia merupakan sarana penting untuk pendidikan, penelitian, pelayanan (jasa) dan uji mutu atau quality control. Dengan empat fungsi tersebut, maka jelaslah bahwa keberadaan Laboratorium Kimia di Perguruan Tinggi (PT) adalah sangat vital, utamanya untuk Perguruan Tinggi yang memiliki Fakultas eksakta. Hal ini untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ilmu kimia merupakan ilmu yang didasarkan atas eksperimen, sehingga hubungan teori dan praktek sangat erat.

 

Tujuan praktikum kimia antara lain :

a. Sebagai ilustrasi prinsip-prinsip dalam teori,

b. Sebagai pembentuk sikap ilmiah (scientific attitude),

c. Sebagai pengembangan skill, yakni agar praktikan mampu dan terampil mengoperasikan alat, menangani bahan kimia, mengajarkan percobaan-percobaan dan pengukuran kimia,

d. Untuk mendapatkan pengalaman praktek kimia sebagai dasar melakukan penelitian lebih lanjut sesuai dengan latar belakang keahlian masing-masing.

Jadi, selain sebagai tempat penyelenggaraan praktikum kimia mahasiswa, laboratorium kimia juga berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan penelitian, baik penelitian mahasiswa (Tugas Akhir) maupun penelitian Dosen dan sarana layanan umum, yaitu untuk masyarakat umum di luar universitas sendiri, baik untuk pendidikan maupun untuk keperluan uji mutu dan lain-lain.

Spesifikasi praktikum di Laboratorium Kimia sesuai dengan Jurusan dan Fakultas :

No.

Praktikum

Bagian dari

Mata Kuliah

Kode MK

Fakultas / Jurusan

Smt

1.

Kimia Dasar I

§     Kimia Dasar

033444

Bio./FKIP

I

2.

Kimia Anorganik

§     Kimia Anorganik

071203

Agro./FP

I

§     Kimia Anorganik

072205

Sosek./FP

I

§     Kimia Anorganik

073203

THP/FP

I

§     Kimia Anorganik

091211

Prot./FPET

I

§     Kimia Anorganik

092302

TIP/Prkn/FPET

I

3.

Kimia Dasar II

§     Kimia Dasar II

033445

Bio./FKIP

II

4.

Kimia Anorganik

§     Kimia Anorganik

071204

Agro./FP

II

§     Kimia Anorganik

072211

Sosek./FP

II

§     Kimia Anorganik

091206

Prot./FPET

II

§     Kimia Anorganik

092203

TIP/Prkn/FPET

II

5.

Kimia Dasar Teknik

§     Kimia

 

Mesin&TI/FT

II

6.

Biokimia

§     Biokimia

033410

Bio./FKIP

III

§     Biokimia

071209

Agro./FP

III

§     Biokimia

073405

THP/FP

III

§     Biokimia

091212

Prot./FPET

III

§     Biokimia

092613

TIP/Prkn/FPET

III

 

Peralatan yang telah dimiliki Laboratorium Kimia UMM saat ini masih berorientasi pada pelayanan praktikum dan untuk penelitian dasar dan itupun masih perlu perbaikan dan penyempurnaan serta pengembangan sesuai tuntutan masa depan. Adapun sarana dan prasarana (investaris alat/bahan) tersebut bisa langsung dilihat di Laboratorium mengingat item-nya cukup banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk dimuat di sini.

Pemanfaatan jasa Laboratorium saat ini masih terbatas pada : a) Penelitian mahasiswa baik penelitian yang bersifat umum maupun untuk keperluan tugas akhir, b) Penelitian Dosen, dan c) layanan umum, untuk uji tertentu yang bisa dilakukan di Laboratorium Kimia, misalnya uji mutu air dan lain-lain.

Laboratorium Kimia saat ini digunakan oleh empat fakultas meliputi : Faperta, Fapet, FKIP, dan Fakultas Teknik, sehingga arah pengembangannya agak sulit karena masing-masing fakultas mempunyai kepentingan, spesipikasi dan arah pengembangan yang berbeda. Disamping itu, belum adanya jurusan kimia juga merupakan kesulitan lainnya.

Secara umum, untuk jangka pendek laboratorium ini :

a.        Dapat memenuhi kebutuhan praktikum dari keempat Fakulas di atas dengan variasi percobaan yang lebih luas dan mempunyai kesesuaian yang tinggi dengan teori dalam perkuliahan serta dapat memenuhi tuntutan profesi sarjana masing-masing jurusan/ fakultas, dan

b.        Dapat memenuhi kebutuhan penelitian dasar yang lebih luas baik penelitian mahasiswa maupun penelitian Dosen.

Sedangkan dalam jangka panjang, laboratorium ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan penelitian lanjut, dapat berfungsi sebagai layanan analisis (jasa) baik intern kampus maupun masyarakat umum dan untuk uji mutu dari produk-produk industri dan lain-lainnya.

Download : Doc/Pdf

 

Shared: