Laboratorium Akuntansi

 
Laboratorium Akuntansi bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penerapan atas konsep-konsep akuntansi dalam praktik-praktik dunia bisnis nyata bagi para mahasiswa. Untuk mencapai tujuan ini, Laboratorium Akuntansi menyelenggarakan praktikum-praktikum dan pendidikan dan pelatihan (diklat), baik yang bersifat wajib mapun opsional. Di samping itu, Laboratorium Akuntansi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti kantor akuntan publik, perusahaan, dan pemerintah daerah. Ini semua ditujukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan praktikum dan diklat yang diselenggarakan.
 
Kegiatan praktikum di bidang akuntansi meliputi praktikum: akuntansi jasa, dagang, industri, komputer, pengauditan, perpajakan, dan metodologi penelitian akuntansi. Diklat yang dilakukan bersifat opsional, dalam arti kegiatan ini hanya ditujukan bagi mahasiswa yang berminat dan ingin mendalami bidang tertentu. Ada beberapa macam diklat yang dilakukan oleh Jurusan Akuntansi, antara lain: 1. Brevet Pajak, 2. Pasar Modal, dan 3. Ekspor-Impor.
 
Untuk mendukung kegiatan praktikum, di Laboratorium Akuntansi tersedia 2 ruang praktikum manual yang dilengkapi dengan fasilitas AC, LCD, dan perabot yang nyaman. Di samping itu, untuk menunjang kegiatan pelayanan administrasi, di Laboratorium Akuntansi tersedia 1 ruang kantor yang dilengkapi fasilitas yang memadai. Pada saat praktikum diselenggarakan, setiap peserta mendapatkan modul-modul dan buku kerja. Untuk praktikum akuntansi yang berbasis komputer, Laboratorium Akuntansi bekerjasama dengan Laboratorium Komputer FE untuk penyediaan fasilitas komputer. Setiap kelas praktikum akan dipandu oleh seorang instruktur dan seorang asisten.
Shared: