Klub Wirausaha

 

UKM KOPMA

UKM ini berdiri dengan tujuan untuk menunjang semua kegiatan mahasiwa UMM, selain itu juga untuk menunjang aktivitas mahasiswa dan pelajar di kota Malang. KOPMA berlokasi di dalam kampus dan manajemennya ditangani oleh mahasiwa sendiri. Menyediakan barang – barang yang dibutuhkan mahasiswa seperti alat tulis, buku, konveksi, souvenir kampus, dan aneka kebutuhan mahasiswa yang lain. Kopma juga menyediakan jasa layanan foto copy.


PENERBITAN KAMPUS DAN
PERS MAHASISWA

Penerbitan Kampus dan Pers Mahasiswa Penerbitan merupakan wahana yang cukup relevan bagi mahasiswa untuk melatih ketrampilannya dalam bidang tulis-menulis. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide dan informasi yang mereka peroleh ke masyarakat yang lebih luas. Universitas Muhammadiyah Malang telah mengembangkan pers kampus yaitu koran kampus "Bestari" yang terbit setiap bulan sekali. Koran kampus berukuran tabloid ini dikelola oleh sidang redaksi yang terdiri atas para dosen yang ditunjuk dan mahasiswa yang cukup matang di bidang jurnalistik. Adapun para reporternya terdiri atas mahasiswa yang  berminat dan memiliki kegemaran dalam dunia tulis-menulis yang telah dilatih di bidang jurnalistik. Sesuai dengan fungsinya, reporter bertugas meliput berita seputar aktivitas kampus atau meliput suatu laporan utama suatu wilayah atau kejadian yang memiliki nilai berita menarik. Dalam proses produksi koran kampus "Bestari", reporter dilibatkan penuh mulai dari penulisan berita, editing, setting lay out, sampai pada tahap pencetakan.


Dengan pengalaman semacam itu, mahasiswa dapat memiliki ketrampilan tertentu khususnya dalam bidang jurnalistik. Selain itu, mereka memiliki nilai lebih dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak pernah terlibat dalam dunia menulis. Di tingkat fakultas, mahasiswa juga dilatih dan beri kesempatan untuk terlibat dalam dunia pers mahasiswa. Jurnal ilmiah yang dikelola oleh mahasiswa terbit 1 s.d 2 kali semester. Pengalaman mengelola majalah atau jurnal ilmiah menunjukkan bahwa mahasiswa sekaligus menimba pengalaman manajerial dalam bidang jurnalistik. Bentuk isi majalah mahasiswa merupakan pantulan dari aktivitas mereka. Penerbitan kampus dan pers mahasiswa merupakan wahana yang dapat menopang pengembangan sikap cendekia mahasiswa.


Shared: