Praktek Laboratorium Rumah Sakit I

a.   Pengertian

Praktek Laboratorium Keperawatan Rumah Sakit I adalah praktek laboratorium yang menggunakan Rumah Sakit sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman belajar secara nyata dalam bidang keperawatan.

b.   Tujuan Umum

Agar mahasiswa mampu melaksanakan Asuhan Keperawatan pada Pasien yang dirawat di Rumah Sakit, dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia pada berbagai tingkat usia.

c.  Tujuan Khusus :

Mahasiswa mampu mengidentifikasi perilaku klien yang normal dan abnormal dengan dasar pengetahuan tentang komunikasi terapetik, konsep manusia, konsep sehat sakit, konsep stress adaptasi, konsep tumbuh kembang, serta kebutuhan dasar manusia yang terdiri dari : kebutuhan oksigenasi,  kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi, kebutuhan cairan dan elektrolit, kebutuhan Istirahat tidur, kebutuhan aktifitas, kebutuhan rasa nyaman, aman dan keselamatan, dan kebutuhan psikososial-spiritual.

 

d.   Status dan bobot kredit

  1. Praktikum Laboratorium Keperawatan Rumah Sakit, dilakukan hanya pada program D III Keperawatan
  2. Praktikum Laboratorium Keperawatan Rumah Sakit I adalah kegiatan dari penjabaran sks pada mata kuliah Kebutuhan dasar manusia I dan II yang ekwivalen dengan 2 sks.
  3. Penilaian Praktikum Laboratorium Keperawatan Rumah Sakit I menyatu dengan Mata Kuliah Kebutuhan Dasar Manusia.

 

e.   Penyelenggaraan

Penyelenggaraan Praktek Laboratorium Keperawatan Rumah Sakit I dilaksanakan pada akhir semester genap (smt II), dimana dimungkinkan mahasiswa telah memperoleh dasar-dasar keperawatan dan bidang ilmu lain yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

 

f.   Syarat mengikuti

Untuk bisa mengikuti Praktikum Laboratorium Keperawatan Rumah sakit I, mahasiswa harus menempuh Mata Kuliah di semester I dan II, dan mengikuti program pemantapan Laboratorium Keperawatan I di Kampus.

Shared: