a.   Pengertian

Program Praktek Profesi Keperawatan merupakan penerapan materi-materi perkuliahan yang telah didapatkan mahasiswa selama menjalani Program Akademik di semester I s/d V antara lain Kebutuhan Dasar Manusia, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Kegawatdaruratan, Keperawatan Jiwa,  Keperawatan Medikal Bedah, serta aplikasi dari Mata kuliah Dasar-dasar Keperawatan, Praktek Perawatan Profesional dan basic knowledge lain yang terkait, sehingga didapatkan kemampuan perawatan yang komprehensif dan bertanggung jawab yang didukung dengan sikap dan perilaku kejujuran profesional.

Pada Program Praktek Profesi ini diharapkan mahasiswa dapat lebih meningkatkan penyerapan ilmu keperawatan dengan cara penerapan pada keadaan nyata tentang materi yang telah didapat sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

b.   Tujuan

Tujuan Umum

   Mahasiswa dapat menerapkan Asuhan Keperawatan sesuai dengan Proses Keperawatan mulai dari tahap Pengkajian, Perumusan Diagnosa Keperawatan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi.

Tujuan Khusus

  1. Asuhan Keperawatan Maternitas
  2. Asuhan Keperawatan Anak
  3. Asuhan Keperawatan Jiwa
  4. Asuhan Keperawatan Medikal Bedah
  5. Asuhan Keperawatan Kegawatdaruratan

 

c.   Status dan bobot kredit

  1. Praktek Profesi keperawatan hanya dapat dilaksanakan pada akhir masa studi program Diploma III Keperawatan
  2. Praktek Profesi Keperawatan adalah kegiatan dari penjabaran sks pada mata kuliah Keperawatan Medical Bedah III, IV,  Keperawatan Anak II, Keperawatan maternitas II, Keperawatan Jiwa II, Keperawatan Kegawatdaruratan,  yang ekuivalen dengan 13 sks.
  3. Penilaian Praktek Profesi Keperawatan akan disesuaikan dengan masing-masing Mata kuliah atau dalam hal ini disebut sebagai Divisi Keperawatan terdiri dari Anak, Jiwa, Medical Bedah, Maternitas, Kegawatdaruratan.

 

d.   Penyelenggaraan

Penyelenggaraan Praktek  Profesi Keperawatan dilaksanakan pada semester VI, dimana dimungkinkan mahasiswa telah memperoleh semua dasar-dasar keperawatan dan bidang ilmu lain yang terkait dengan 5 (lima) bidang ilmu di atas.

 

e.   Syarat mengikuti

Untuk bisa mengikuti Praktek Profesi Keperawatan mahasiswa harus menempuh Mata Kuliah dan dinyatakan lulus untuk Mata Kuliah Prasyarat yang ada di semester I, II, III , IV dan V.

 

f.    Evaluasi

  1. Penilaian Praktek Profesi dilakukan di masing-masing Divisi yang dilalui.
  2. Mahasiswa yang tidak masuk karena halangan apapun mendapatkan sangsi yang tercantum dalam Buku Panduan Praktek.
  3. Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan praktek profesi pada periode yang dilalui, maka dinyatakan gugur dan harus mengulang dari awal praktek profesinya pada periode berikutnya.
  4. Segala sesuatu yang belum tercantum dalam buku panduan akademik ini akan diperjelas dalam buku panduan praktek profesi keperawatan.
Shared: