Gilas Kamerun 4-1, Brasil Juarai Grup A

Author : Administrator | Selasa, 24 Juni 2014 09:48 WIB | Tribun News - Piala Dunia 2014
Gilas Kamerun 4-1, Brasil Juarai Grup A
Neymar

TRIBUNNEWS.COM, BRASILIA – Brasil meraih kemenangan meyakinkan, 4-1, atas Kamerun pada laga grup A di Estadio Nacional, Selasa (24/6/2014). Kemenangan ini mengantarkan Brasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Neymar menjadi bintang pada laga ini melalui sumbangan dua golnya. Penyerang Barcelona itu mencetak gol pertama sekaligus membuka keunggulan Brasil pada menit ke-17. Neymar menjebol gawang Kamerun usai memanfaatkan umpan tarik Luiz Gustavo dari kiri. Luiz Gustavo mencuri bola dari kaki Benjamin Moukandjo.
Gelandang Wolfsburg itu kemudian menggiring bola menyisir sisi kanan pertahanan Kamerun.
Luiz Gustavo kemudian mengirimkan umpan silang datar ke arah kotak penalti. Di mulut gawang, Neymar menyambar bola dengan sontekan kaki kanan ke tiang jauh. Penjaga gawang Charles Itandje dibuat hanya terdiam ketika bola mengarah ke gawangnya.

Kamerun membalas gol Neymar melalui Joel Matip pada menit ke-26. Bek sayap kiri, Allan Nyom menjadi otak atas terciptanya gol Matip. Nyom sukses mengelabui bek Dani Alves yang sampai terjatuh untuk merebut bola dari kakinya.

Setelah lolos dari kawalan Alves, Nyom kemudian melakukan penetrasi ke kotak penalti. Dari sudut sempit, Nyom melepaskan umpan tarik datar ke mulut gawang. Matip yang lolos dari kawalan David Luiz leluasa menyontek bola dengan kaki kanannya ke gawang kawalan Julio Cesar.

Neymar kembali menunjukkan kelasnya di hadapan publik Brasil. Neymar kembali mencetak gol pada menit ke-35 untuk mengantarkan tim Samba kembali unggul. Ketika mencetak gol pertamanya Neymar memanfaatkan umpan silang Luiz Gustavo, kali ini Neymar mengandalkan teknik individu. Usai menerima sodoran bola dari Marcelo di sayap kiri, di luar kotak penalti Neymar menggeser bola ke arah tengah.

Neymar yang dibayangi Nicolas N’Kolou kemudian menaklukkan bek Olympique Marseille itu dengan sepakan datar kaki kanannya. Bola hasil tendangan Neymar menembus celas di antara kedua kaki N’Kolou yang coba melalukan sapuan. Penjaga gawang Charles Itandje pun termasuk korban kecohan Neymar. Itandje bergerak ke arah kiri sedangkan bola meluncur datar ke arah tengah.

Pada menit ke-50, Fred memperbesar keunggulan Brasil menjadi 3-1. Penyerang Fluminense itu menjebol gawang Kamerun usai memanfaatkan umpan silang David Luiz. Fred menuntaskan umpan Luiz dari kiri dengan sundulan di mulut gawang.

Gol ini bisa memicu kontroversi. Berdasarkan tayangan ulang, Fred berada dalam posisi offside sebelum Luis melepaskan umpan.

Fernandinho yang baru masuk pada awal babak kedua memastikan kemenangan Brasil melalui golnya pada menit ke-84.Gelandang Manchester City itu menjebol gawang Kamerun dengan ujung kaki kanannya dari dalam kotak penalti. Tendangan Fernandinho mengarah ke pojok kanan bawah tanpa mampu dibendung Charles Itandje.

Kesalahan pemain Kamerun ketika menguasai bola di depan kotak penalti harus dibayar mahal. Setelah dicuri pemain Brasil, pertahanan Kamerun kacau balau setelah Oscar, Neymar, dan Fernandinho bertukar umpan.

Atas kemenangan ini Brasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup A. Tim Samba mengoleksi tujuh angka dari dua pertandingan. Pada babak 16 besar Brasil akan menghadapi Chile yang menjadi runner up grup B.

Meksiko mendampingi Brasil ke babak 16 besar usai mengalahkan Kroasia 3-1. Meksiko menjadi runner up grup A meski mengoleksi nilai yang sama dengan Brasil. Meksiko kalah selisih gol. El Tri akan menghadapi juara grup B, Belanda.

Sumber: http://www.tribunnews.com/superball/2014/06/24/gilas-kamerun-4-1-brasil-juarai-grup-a
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1