20 Desember, Daud Jordan Naik Ring Lagi Lawan Petinju Filipina

Author : Administrator | Selasa, 16 Desember 2014 10:44 WIB | Detik News - Lain-lain

Jakarta - Setelah hampir satu tahun vakum dari pertandingan tinju, Daud 'Cino' Yordan akan kembali naik ring. Juara dunia IBO ini bakal menghadapi lawan dari Filipina, Ronald Pontillas, di Gedung Olahraga Pangsuma Pontianak, 20 Desember mendatang. 

Ini adalah laga perdana Daud dalam setahun terakhir, setelah menang angka mutlak 12 Ronde atas Sipho Taliwe dari Afrika Selatan pada 6 Desember 2013 di Perth, Australia.

"‎Tahun ini memang tahun politik, dan kami tidak bisa berbuat banyak. Tapi kami tidak bisa melewati tahun ini begitu saja. Makanya kami buat pertandingan tanggal 20 Desember 2014. Ini bagus sebagai penutup penghujung tahun, dan mudah-mudahan menjadi awal yang baik untuk tahun depan," ujar Raja Sapta‎ Oktohari, Promotor Pertandingan, dalam jumpa pers yang digelar di FX Plaza, Senayan, Senin (15/12/2014).

"Tapi sebenarnya lebih dari itu, target kami adalah melihat Daud di atas ring. Dia adalah petinju muda dan berbakat, saya pikir kami perlu mendorongnya, sekaligus mendorong petinju-petinju muda lainnya di Indonesia."

"Hikmah" dari durasi kevakuman Daud adalah dia punya waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan diri. Biasanya, kata Okto, petinjunya itu perlu persiapan 3-4 bulan, tapi kini sampai hampir setahun.

"Ibaratnya itu, dia seperti singa yang tengah kelaparan. Mudah-mudahan pada pertandingan nanti akan menampilkan sesuatu yang seru dan luar biasa," ucap sang promotor.

Okto juga merencanakan level lain buat ditapaki Daud, yaitu menembus ke World Boxing Organisation(WBO). Hal itu memungkinkan dia masuk daftar penantang juara versi badan tinju tersebut.

"Karena jika sasaran antara ini berhasil dicapai, maka langkah selanjutnya adalah mewujudkan Duad menjadi juara WBO. Apalagi juara kelas ringan WBO saat ini, Terence Crawford, berniat meninggalkan gelar di kelas ini, untuk naik kelas di atasnya. 

"Ini bisa menjadi peluang bagi Daud untuk merebut gelar yang lowong. Daud harus menjadi petinju Indonesia pertama yang menjadi juata dunia di dua badan tinju yang berbeda karena sebelumnya dia adalah juara IBO," tambahnya. 

Sementara itu Daud mengaku tak terlalu khawatir atas kondisinya yang sudah lama tidak bertanding. Pasalnya, ia terus mempersiapkan diri di Sasana pribadinya yang berada di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. 

"Selama ini saya tetap berlatih dengan baik, meskipun belum mendapatkan kepastian pertandingan selama setahun ini. Program latihan yang saya jalani meliputi fisik dan teknik, juga latih tanding dengan petinju-petinju yang selama ini berlatih di Sasana saya. Jadi saya tidak terlalu khawatir dengan kondisi fisik karena latihan tetap terjaga dengan baik lewat program latihan yang benar," ujar Daud. 

Tak hanya siap secara fisik, bertanding di kandang sendiri juga merupakan motivasi lain untuk dirinya bisa meraih kemenangan di laganya kali ini. 

"Saya sudah lama tidak tampil di kandang sendiri, Pontianak. Kesempatan kali ini sudah pasti saya manfaatkan untuk memuaskan penonton yang sudah datang ke arena, maupun yang menyaksikan lewat tantangan televisi. Tidak ada kata lain kecuali mematok kemenangan KO," tegasnya. 

Menilik pertandingan Daud dengan para petinju Filipina, melawan Pontillas adalah kali keenam buatnya. Lima petinju Filipina lain yang pernah dihadapinya, selalu dia kalahkan.

"Saya belum tahu pasti gaya bertinju Pontillas, tapi rata-rata petinju Filipina bergaya fighter. Petinju dengan gaya seperti itu akan datang menyerang, dan gaya itu yang memang saya suka," beber Daud.

"Kuda-kuda Pontallitas yang kidal juga tidak terlalu saya khawatirkan, karena saya pernah mengalahkan petinju kidal dari Filipinayang lain. Jadi mari buktikan saja di atas ring," tambah petinju berusia 27 tahun itu.

Daud akan naik ring dengan rekor bertanding 32 menang dan 3 kalah. Sementara Pontillas yang berusia 25 tahun memiliki rekor bertanding 17 menang, 6 kalah, 3 seri.

Sumber: http://sport.detik.com/
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1