Mahasiswa UM Makassar, Selesaikan Tugas Dakwah di Pegunungan Toraja

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 14 Maret 2012 13:13 WIB

Tanatoraja- Sekertaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tanatoraja, Herman Tahir melepas kembali mahasiswa Pendidikan Ulama Tarjih Universitas Muhammadiya Makassar setelah melaksanakan Rihlah Dakwah selama 16 hari. Diantara mahasiswa tersebut adalah Baharuddin, Fadil, Ramadhan, dan Syamsul Hidayat yang bertempat di Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Musa no.10, turut hadir juga Husni Yunus selaku skertaris PUT Uinismuh, para pengurus Muhummadiyah, Aisyiyah, dan Ortom Muhammadiyah se Tanatoraja, Rabu ( 14/03/2012).


Herman Tahir, sekertaris Muhammadiya Tanatoraja mengatakan, keberadaan mahasiswa melaksanakan tugas Dakwah selama 16 hari di pengunungan toraja, memberikan makna yang luar biasa dalam pengembangan misi dakwah Islam di tengah-tengah mayoritas non muslim, yang tercatat jumlah umat islam di toraja hanya sekitar dua persen dari jumlah penduduk yang ada. Menurut Herman gebrakan dakwah yang di laksanakan mahasiswa dengan melakukan kegiatan seperti khotbah jumat, pengajian serta sejumlah kegiatan lainnya seperti pelatihan dasar membaca alquran, serta pendidikan anak usia dini dan juga pembinaan remaja masjid, menjadi sangat dinantikan selama ini.

 

Menurut salah satu mahasiswa peserta Syamsul Hidayat, dakwah di tengah-tengah muslim minotitas, memang memiliki tantangan tersendiri dengan pendekatan dakwah kultural. Menurutnya seringkali dalam berinteraksi, tidak menyentuh persoalan Agama, tetapi melakukan dakwah dengan pendekatan budaya, sehingga dalam setiap kegiatan pembinaan remaja, terkadang penganut agama Kristen dan masyarakat lainnya juga turut dalam kegiatan pembinaan tersebut, sehingga dengan demikian pendekatan dakwah di minoritas umat Islam seorang mubaligh harus mampu memberikan nuansa tersendiri.

Shared:
Shared:
1