Usai Melantik Rektor UMY, Haedar Sampaikan 4 Karakter Lulusan PTM

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 31 Desember 2016 15:28 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL - Semangat dalam membangun khairul ummah merupakancita-cita Muhammadiyah, salah satunya yaitu melalui Perguruan Tinggi yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah mengatakan bahwa terdapatempat karakter yang harus dimiliki oleh lulusan-lulusan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yaitu aspek religiusitas, cerdas berilmu, mandiri, dan solidaritas yang tinggi.

“Aspek religius penting dimiliki oleh kader-kader Muhammadiyah, melalui religiusitas yang tinggi maka para pemuda akan semakin mencintai agamanya,” ujar Haedar, Sabtu (31/12) ketika menyampaikan pidatonya dalam acara Rapat Senat Terbuka Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Lanjut Haedar, melalui karakter cerdas berilmu, kampus akan menjadi wadah untuk pemuda-pemudi yang cinta akan ilmu. Selain itu, para lulusan PTM diharapkan juga memiliki karakter mandiri. “Menjadi sosok yang mampu bersaing dan berani keluar dari zona nyaman,” ujarnya.

Kader Muhammadiyah tambah Haedar, harus mencerminkan rasa solidaritas yang tinggi. “Yakni lulusan yang cerdas tapi peka sosial. Indonesia membutuhkan anak-anak bangsa yang peduli pada sesama,” ucapnya.

Peran PTM yaitu menjadi tempat persemaian para pemikir yang mampu merenungkan ikhtiar memajukan bangsa. Mampu melahirkan pemikir-pemikir besar yang menjadi tempat the project of lighting.

“Para alumni PTM memerlukan semangat at-tanwir dalam gelora gerakan Muhammadiyah pada abad ke-2. Pendidikan menjadi salah satu peran tajdid bagi Muhammadiyah untuk mewujudkan islam berkemajuan dan melahirkan pemikiran para pemikir yang berlandaskan pada islam,” tutup Haedar. (adam/nisa)

Sumber Foto : BHP UMY

Shared:
Shared:
1