Hadapi Daya Saing, UM Purworejo Siapkan Enterpreneur Muda

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 30 Desember 2016 09:53 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PURWOREJO - Himpunan Mahasiswa (HM) Manajemen UM Purworejo (UMP) menyelenggarakan Entrepreneurship Competition 2 & Expo 2016 di pelataran Lantai 1 Gedung Rektorat Kampus Timus UMP, Kamis (29/12).

Kegiatan yang diselenggarakan untuk menginisiasi enterpreneur muda ini akan diadakan setiap tahunnya. “Kedepannya ini akan jadi event tahunan kami, karna kami berharap nantinya acara ini dapat memantik semangat mahasiswa dalam mengasah jiwa kemandirian dan enterpreneurshipnya yang nanti akan menjadi bekal ketika telah menyelesaikan studi dari almamater ini,” ujar Supriyono, Rektor UMP.

Kompetisi dan expo ini telah terselenggara untuk yang kedua kalinya dengan peserta total 138 mahasiswa yang terbagi dalam 39 kelompok berasal dari 7 progdi yang ada. Setiap peserta telah lolos seleksi administrasi dan dilaksanakan presentasi serta expo pada kesempatan ini. Untuk penjurian dari dosen manajemen, pendidikan fisika dan dosen pendidikan otomotif.

Setelah melewati semua tahapan seleksi didapatkan tim yang mendapatkan apresiasi juara yaitu juara 1 direbut oleh Tim Manajemen dengan Abon Lele, juara 2 direbut oleh Tim P.Fisika dengan Termometer Duino dan Juara 3 direbut oleh Tim P.Matematika dengan KOJEK serta Juara Harapan 1 oleh Tim Manajemen dengan JAS BUDE LEVI dan Juara Harapan 2 oleh P.Otomotif dengan LPK SABLENG. Ditambahkan lagi Tim Manajemen yang mendapatkan juara 1, bahwasanya dengan adanya even semacam ini mahasiswa dapat belajar berbicara ber-public speaking.

Pemenang juara 1 Tim Abon lele merasa sangat senang dan bangga. “Even ini salah satu  kesempatan menumbuhkan jiwa kewirausahaannya dan memaksimalkan potensinya dalam menghasilkan suatu produk kreasinya. Seperti tim kami memanfaatkan bahan dari ikan lele dengan dagingnya kami buat abon dan nugget sedangkan sisa tulang kepala dan tulang dalamnya kami jadikan krupuk. Sehingga dapat termanfaatkan seluruhnya” ujar Erika Yuniyanti Tim Abon Lele. 

Sedangkan, Cahyono, Panita Pelaksana mengatakan adanya agenda ini memantik semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Pasca agenda diharapkan hasilnya dapat dikembangkan secara nyata dan berkelanjutan dengan lebih banyak varian dan programnya. (syifa)

 

Kontributor : Akhmad Musdani

 

Shared:
Shared:
1