MDMC dan Lazismu Kembali Kirimkan Relawan untuk Banjir Bima

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 26 Desember 2016 08:47 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BIMA - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) kembali mengirim tim sebanyak 20 relawan pada hari kelima banjir bandang di kota Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk melakukan penanganan pada Ahad, (25/12).

Kedua puluh relawan tersebut berasal dari Muhammadiyah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Dompu dan Mataram yang dikirim untuk memperkuat posko Muhmmadiyah yang telah beroperasi sejak Sabtu (24/12) di RS PKU Muhammadiyah Bima.

Tugas pokok dari masing-masing relawan ini diantaranya tim medis dan teknisi dari Jawa Timur memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak akibat banjir, dua tim SAR Air dari Jawa Timur dan Jawa Tengah beserta perahu karet membantu proses evakuasi warga di daerah yang masih tergenang banjir,  sementara relawan dari Mataram membawa logistik dan perlengkapan dapur umum dan dari Yogyakarta untuk pemulihan rumah sakit.

Sebelumnya RS PKU Muhammadiyah Bima juga sempat terdampak banjir di lantai dasar yang menyebabkan 95 persen pelayanan kesehatan tidak berfungsi. Namun berkat bantuan dan dukungan relawan dari Dompu, Mataram dan Jawa Timur, pembersihan dan pengaktifan posko penanggulangan bencana di RS PKU Muhamamdiyah Bima yang membuka layanan kesehatan dan dapur umum dapat segera dilaksanakan.

“Obat-obatan menjadi kebutuhan mendesak harus segera ada karena instalasi farmasi RS PKU Muhamamdiyah Bima terendam banjir” papar Imran Syafruddin, Wakil Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul dalam keterangannya.

Rencananya Senin (26/12) hari ini, MDMC NTB akan kembali mengirimkan relawan sebanyak 10 orang untuk menggantikan tim relawan yang telah tiba di lokasi sejak Kamis lalu. Hal ini dilakukan agar relawan tetap terjaga kondisi kesehatannya. (adam)

Reporter : Raipan

 

 

 

Shared: