Muhadjir : Muhammadiyah Terus Berupaya Tawarkan Sistem Pendidikan Alternatif

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 24 Desember 2016 22:40 WIB

 

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA– Tahun 2016 menjadi salah tahun cemerlang bagi Muhammadiyah, karena di tahun ini banyak kemajuan yang diraih oleh Muhammadiyah terutama dalam bidang pendidikan, baik pada level perguruan tinggi, dasar menengah maupun sektor pendidikan anak usia dini atau PAUD.

Hal tersebut disampaikan Muhadjir Effendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ketika ditemui redaksi Muhammadiyah.or.id di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya 62 Jakarta, Jum’at (23/12).

“Muhammadiyah sudah bergeser tidak lagi terlalu terkonsentrasi kepada peserta didik dari keluarga yang tidak mampu, karena itu memang sekarang sudah diambil alih oleh negara,” papar Muhadjir.

Menurut Muhadjir yang juga Ketua Pimpinan PusatMuhammadiyah tersebut, Muhammadiyah harus bergeser posisinya dalam menawarkan sistem pendidikan yang sifatnya alternatif, baik alternatif untuk sekolah negeri maupun untuk sekolah swasta yang lain.

“Maka dituntut adanya branded dari Muhammadiyah, dan ini kita pacu sehingga Muhammadiyah bukan lagi tempat untuk menampung orang-orang yang tidak mampu yang tidak mendapatkan akses pendidikan secara baik, tetapi menjadi pilihan dari masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan yang memang memiliki taste seperti yang ditawarkan oleh Muhammadiyah,” pungkasnya.

Meski demikian Muhadjir bependapat bahwa Muhammadiyah tetap akan memberikan ruang yang cukup untuk keluarga-keluarga yang tidak mampu dalam mengakses pendidikan yang baik.

“Tetap dilayani oleh sekolah Muhammadiyah mungkin melalui pendidikan gratis atau subsidi silang dengan siswa-siswa yang lain yang kebetulan ditakdirkan oleh tuhan menjadi kalangan keluarga yang mampu,” tutup Muhadjir. (adam)

 

Reporter : Raipan

Shared:
Shared:
1