Tingkatkan Kompetensi Pelayanan Pendidikan, Muhammadiyah Kottabarat Gelar Workshop

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Jum'at, 23 Desember 2016 22:18 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA - Perguruan Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar workshop di ruang pertemuan Hotel Syariah Arini  Surakarta, Rabu (21/12).

Acara dihadiri oleh seluruh ustadz dan ustadzah serta karyawan KB-TK Aisyiyah, SD, SMP, dan SMA Muhammadiyah yang berjumlah 80 orang. Workshop dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pendidikan tersebut mengambil tema “Refleksi Nilai-Nilai Perguruan.”

Herman Dody, Pemateri dalam workshop tersebut menyampaikan bahwa mengajar dengan baik dapat diibaratkan seorang yang menyalakan api, dimana semakin lama api semakin menjadi besar.

“Mengajar dengan baik akan membuat para siswa merasa senang untuk belajar dan membiarkan mereka terus berkembang,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Herman juga menjelaskan bagaimana seorang guru dan karyawan mampu tampil percaya diri dan menyenangkan dalam berkomunikasi di sekolah baik kepada siswa maupun orang tua siswa. Cara-cara yang diajarkan diantaranya yaitu penanda mental positif, melihat dari sudut pandang positif (framing), dan melakukan metaprogram.

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Aryanto mengatakan bahwa workshop tersebut diselenggarakan bertujuan untuk merefleksikan nilai-nilai perguruan sebagai langkah dalam peningkatan pelayanan pendidikan di sekolah.

“Terdapat 21 nilai-nilai yang direfleksikan meliputi nilai kejujuran, humanis religius, loyalitas, kedisiplinan, keteladanan, dan sebagainya. Harapannya nilai tersebut mampu dipahami, dihayati, dan diinternalisasi dalam diri pelaku pendidikan di Perguruan Muhammadiyah Kottabarat sehingga mampu meningkatkan pelayanan pendidikan yang berujung pada prestasi-prestasi sekolah,” jelas Aryanto. (adam)

 

Kontributor : Aryanto

 

Shared:
Shared:
1