2 Tokoh Muhammadiyah Hiasi Uang Baru Rupiah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 22 Desember 2016 19:59 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA - Muhammadiyah memiliki dua utusan sosok pahlawan di lembaran uang kertas yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi pada Senin (19/12) di Gedung Bank Indonesia.

Kedua tokoh Muhammadiyah tersebut yaitu Ir. Soekarno dan Ir. Djuanda. Keduanya pernah mengabdikan diri membangun Muhammadiyah. Ir. Soekarno sendiri masuk menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1938, dan pernah diumumkan secara terbuka saat Muktamar Setengah Abad Muhammadiyah pada tahun 1962.

Sedangkan kedekatan Ir. Djuanda dengan Muhammadiyah yaitu dibuktikan ketika Ia mengabdikan diri sebagai guru dan juga direktur SMA Muhammadiyah Jakarta. Selain itu juga Ayah dari Ir. Djuanda yaitu Kartawidjaja merupakan aktifis Muhammadiyah.

Dikatakan Syukri AR, Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah, “Kedua tokoh tersebut sangat lah pantas ketika dijadikan simbol dalam mata uang rupiah saat ini, karena keduanya telah memiliki jasa yang begitu besar terhadap Bangsa Indonesia,” ujar Syukri ketika ditemui redaksi Muhammadiyah.or.id, Rabu (21/12).

Sehingga, menurut Syukri tak berlebihan ketika nama Djuanda diabadikan dalam banyak situs dan tempat. Menjadi nama bandara di Surabaya, nama jalan atau nama Taman Hutan Raya Juanda di kota Bandung.

“Djuanda telah banyak mendedikasikan diri dalam upaya pembuktian sikap penghargaannya yang otentik bagi orang banyak. Yaitu pengabdiannya yang tulus untuk sesama,” terang Syukri. (adam)

 

Shared:
Shared:
1