Tapak Suci Sebagai Wadah Pembinaan Karakter

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 15 Desember 2016 22:18 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL – Karakter merupakan suatu hal yang harus dibentuk. Dalam pembentukan karakter, sekolah memiliki andil dalam ikut serta menciptakan generasi-generasi yang berkarakter unggul. Maka, melalui kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, diharapkan dapat mendorong para siswa dalam menemukan karakter dan jati dirinya.

Salah satu cara yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka mencetak siswa yang berkarakter yaitu melalui ekstrakulikuler sekolah. Seperti yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba) dalam mendidik para siswanya. Selain mewajibkan kegiatan ekstrakulikuler Tapak Suci, Musaba juga menggelar kejuaraan Tapak Suci Bantul.

“Kami menyadari salah satu fungsi sekolah adalah pembinaan karakter, pembinaan karakter dapat dibentuk dari ekstrakulikuler Tapak Suci yang dijadikan sebagai ekstrakulikuler wajib di sekolah,” papar Sarjana, Ketua Panitia Kejuaraan Tapak Suci Bantul, Rabu (14/12).

Sementara itu, Hendri Budi Setyawan, Ketua Pimda 02 Tapak Suci Bantul menjelaskan kejuaraan tersebut akan diselenggarakan pada 28-30 Januari 2017. Tema yang diusung dalam kejuaraan tersebut adalah “Musaba CUP II Kejuaraan Tapak Suci Antar SMP se Provinsi DIY dan antar SD se Kabupaten Bantul”. Kegiatan kejuaraan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul.

“Kejuaraan ini merupakan bentuk motivasi bagi penggiat Tapak Suci agar semakin terpacu dalam mendalami ilmu-ilmu Tapak Suci sehingga berefek terhadap karakternya,” jelas Hendri.

Tapak Suci, kata Hendri, merupakan salah satu wadah yang ampuh untuk mengasah dan membentuk karakter para siswa. Pasalnya, tapak suci merupakan keilmuan pencak silat yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. (nisa)

Kontributor : Ara Yuda

 

 

Shared:
Shared:
1