International Volunteer Day, Yogyakarta Ditetapkan Sebagai Kota Relawan

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Selasa, 06 Desember 2016 21:04 WIB

 

MUHAMAMDIYAH.ID, YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta dipilih lokasi peringatan pertama International Volunteer Day pada Ahad (4/12). Dalam peringatan itu, Yogyakarta dideklarasikan sebagai Kota Relawan oleh Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa.

Hal ini menurut Khofifah didasarkan pada perisiwa gempa bumi 2006 dan erupsi Gunung Merapi 2010 lalu, kota Yogyakarta dinilai melakukan proses rehabilitasi, rekonstruksi, dan terapi psikososial pascabencana tercepat di dunia.

“Penetapan Yogyakarta sebagai Kota Relawan pertama di Indonesia dikalukan karena berkaca pada peristiwa gempa bumi 2006 dan erupsi Gunung Merapi 2010, upaya tersebut sesungguhnya tidak mudah tetapi ternyata bisa dilakukan saat masyarakat terdampak Merapi di sini seiring dengan rehabilitasi dan rekonstruksi," tuturnya

Selain penetapan Yogyakarta sebagai Kota Relawan, dalam peringatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Gubenur DIY Sultan HB X terkait penanganan bencana berdasarkan pemetaan kerawanan dan pameran .

Sementara itu menurut Agung Nugroho Pamungkas, Sekretaris MDMC DIY, peringatan ini merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah Kota Yogyakartaterhadap relawan kebencanaan maupun relawan kemanusiaan yang ada di Yogyakarta.

“Selama ini pemerintah DIY, baik pemerintah Provinsi maupun Keraton cukup memperhatikan relawan yang ada baik yang tergabung dalam ormas maupun komunitas, terbukti dengan adanya forum komunikasi relawan yang digawangi oleh istri Sri Sultan Hamengkubuwono (RA Pembayun),” papar Agung.

Selain sebagai peserta MDMC DIY juga membuka layanan medis gratis dalam peringatan yang digelar di Kilometer Nol Yogyakarta itu. “Tim medis pada kegiatan peringatan ini terdiri dari RS PKU Bantul 1 dokter, 3 perawat dan 1 teknisi lapangan dan PKU Kota Yogyakarta 1 dokter dan 2 perawat, juga dibantu TBM UMY, NCC UMY dan Fres UNISA,” ungkap Agung.

Sebelumnya MDMCDIY juga berpartisipasi dalam kegiatan Traning of Trainer (TOT) SAR yang diselenggarakan oleh SAR DIY di Lereng Merapi yang melibatkan 1000 relawan se-Yogyakarta. (adam)

Kontributor : Raipan

 

 

Shared:
Shared:
1