Majelis Pustaka dan Informasi : Arsip Bagaikan Nyawa Organisasi

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 01 Desember 2016 01:59 WIB
 
 
MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTUL –  Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muchlas MT mengatakan  di era modern saat ini,  arsip merupakan suatu hal yang sangat penting. 
 
“Arsip merupakan nyawa bagi organisasi, khususnya bagi Persyarikatan Muhammadiyah,” ujar Muchlas saat memberikan sambutannya dalam acara Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Kamis (1/12).
Muchlas juga menjelaskan, diselenggarakannya pelatihan kearsipan bagi PTM tersebut bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang terampil dari PTM dalam hal pengarsipan. PTM juga merupakan lembaga pencipta arsip yang seharusnya memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan secara mandiri.
 
“Kegiatan ini merupakan bentuk penguatan kearsipan bagi PTM, yang diselenggarakan MPI berkat kerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan juga Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah,” jelas Muchlas.
 
Lanjut Muchlas, pelatihan tersebut juga memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif terhadap arti penting pengelolaan arsip di PTM dalam upaya pendokumentasian kekayaan PTM dan Persyarikatan. Dan juga memberikan kemampuan untuk melakukan pengelolaan terhadap arsip Persyarikatan baik arsip statis maupun arsip dinamis.
 
Kegiatan yang diselenggarakan di Islamic Center Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan sejak tanggal 1 hingga 2 Desember tersebut diikuti oleh 60 orang dari perwakilan masing-masing PTM. (adam)
 
Redaktur : Dzar Al Banna
Shared:
Shared:
1