Lembaga Penangggulangan Bencana Muhammadiyah Hadiri Pertemuan Tim Kegawatdaruratan Medis 2016 di Hongkong

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 01 Desember 2016 21:53 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, HONGKONGGeliat Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah atau yang lebih dikenal dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dalam aksi kemanusiaan sudah mulai terlihat pada periode tahun 2005 – 2015. Kala itu MDMC beberapa kali melakukan kegiatan tanggap darurat dan pengiriman bantuan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Geliat aksi kemanusiaan tersebut akan terus dilanjutkan pada periode lanjut, tentunya dengan cara yang lebih tersistematis bersama lembaga lain Muhammadiyah,” jelas Abdoel Malik, sekretaris LPB PP Muhammadiyah di sela – sela kegiatan pertemuan Tim Kegawatdaruratan Medis (Emergency Medical Team Global Meeting 2016 Hong Kong), bertempat di Hong Kong Academy of Medicine, Rabu (30/11).

“Periode tahun 2015 – 2020 ini, aksi kemanusiaan akan dijalankan secara sistematik bersama majelis, lembaga, biro dan organisasi ototnom (ortom) di Muhammadiyah,” jelas Malik.

Corona Rintawan, dokter yang mewakili MDMC dalam EMT Global Meeting mengatakan bahwasannya pertemuan ini merupakan rangkaian dari proses menyatukan kerangka kerja standar-standar tim pelayanan kesehatan.

“Pertemuan ini bagian dari proses menyatukan kerangka kerja, standar – standar, peralatan yang diperlukan serta tahapan pelatihan dalam guna mencapai level tim kegawatdaruratan medis sesuai yang diinginkan,” ujar dokter yang juga memberikan pelayanan kesehatan di RS Muhammadiyah Lamongan

“EMT ini merupakan alterasi dari FMT yang disiapkan oleh World Health Organization (WHO), dibagi kedalam dua kategori, (N) EMT untuk nasional dan (I) EMT untuk internasional,” jelas Corona, yang juga sempat menjadi bagian dari tim medis untuk aksi kemanusiaan badai topan Filipina dan gempa bumi Nepal.

Dalam pertemuan ini, MDMC juga ikut dalam pameran karya dengan menampilkan poster kerja MDMC yang telah mengirimkan tim ke luar negeri serta penguatan program “Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana”  Hospital Preparedness and Community Readiness for Emergency and Disaster (HPCRED). (mona)

 

Reporter : Fauzi (mdmc.or.id)

Berita Nasional

Shared:
Shared:
1