Tanwir I Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar : Pemuda Muhammadiyah Harus Mampu Menjaga Integritas

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 28 November 2016 13:16 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BANTEN - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menyelenggarakan Tanwir I Pemuda Muhammadiyah dengan mengusung tema "Meninggikan Akhlak, Membumikan Dakwah untuk Indonesia yang Berkemajuan" bertempat di Kota Tangerang Banten, 27-30 November 2016.

Tanwir ini diihadiri oleh 186 peserta yang terbagi dari 120 pimpinan daerah dan 33 Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiya seluruh Indonesia.

Mengawali sambutannya, Danhnil Anzar Simanjuntak, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah mengatakan, bahwa Pemuda Muhammadiyah selalu memupuk semangat amar makruf nahi munkar.

"Semangat amar makruf nahi munkar menjadi jiwanya Pemuda Muhammadiyah. Pemuda Muhamadiyah harus lebih galak terhadap kemunkaran. Namun galaknya punya nalar, galaknya punya hati, galaknya terukur ya galak amar ma'ruf nahi Munkar." papar Dahnil.

Meski, lanjut Dahnil, watak Pemuda Muhammadiyah garang terhadap nahi munkar, berani kepada siapapun namun tetap hormat pada orang tua dalam hal ini Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan tentu takut terhadap Allah Swt.

Dirinya juga menuturkan bahwa pentingnya untuk menjaga integritas, maka komitmen Pemuda Muhammadiyah adalah meninggikan akhlak. "Banyak orang berusaha melakukan amar ma'ruf nahi munkar namun lupa menjaga integritas, banyak orang pintar dan cerdas namun sedikit yang memiliki integritas,” papar Dahnil. Oleh karenanya Pemuda Muhamamdiyah menghadirkan Madrasah Anti Korupsi untuk menciptakan sikap jujur, amanah dan integritas.

Dalam Tanwir ini, seluruh peserta menggunakan seragam KOKAM yang menjadi kebanggan Pemuda Muhammadiyah. Hal itu dimaksudkan karena mulai pada Tanwir ini akan dilaksanakan program Wajib Kokam bagi seluruh anggota Pemuda Muhammadiyah. Selain itu juga dilaksanakan launching mars Kokam dan akan dirumuskan Khittah Nalar Baru Gerakan Pemuda Muhamamdiyah yang nantinya akan disebut dengan Khittah Cipondoh. (adam)

 

Reporter : Raipan

Berita Nasional

 

Shared:
Shared:
1