Amal Usaha Kesehatan, Sebagai Media Dakwah dan Kaderisasi Muhammadiyah

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Senin, 28 November 2016 07:54 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID YOGYAKARTA – Pengkaderan atau kaderisasi adalah salah satu unsur yang selalu dilakukan oleh Muhammadiyah. Kaderisasi bertujuan untuk menciptakan kader-kader terbaik yang mampu meneruskan estafet perjuangan dakwah Muhammadiyah. 

Kaderisasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan pengadaan workshop, seperti yang dilakukan oleh Majelis Pendidikan Kader Pimpinan (MPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Ahad (27/11) di RS PKU Gamping. 

Munawar Khalil, pengurus MPK PP Muhammadiyah, mengatakan bahwa kegiatan workshop ini bekerja sama dengan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah dan merupakan kegiatan khusus yang diselenggarakan untuk menyusun pedoman kaderisasi di Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah. 

“Kegiatan ini adalah upaya kita untuk memperkokoh kaderisasi di bidang Amal Usaha Kesehatan, diikuti sebanyak 25 peserta yang terdiri dari unsur MPK PP Muhammadiyah, MPKU PP Muhammadiyah, MPK PP ‘Aisyiyah dan Majelis Kesehatan PP Aisyiah,” jelas Munawar. 

Lebih lanjut Munawar menjelaskan bahwa hasil capaian atau target yang diinginkan dalam workshop ini ialah tersusunnya pedoman perkaderan di Amal Usaha Kesehatan yang sangat penting sebagai acuan bagi para pelaku Amal Usaha agar sesuai dengan tujuan besar Muhammadiyah. 

Amal Usaha Kesehatan, kata Munawar, seperti rumah sakit dan poliklinik adalah bagian dari media dakwah dan kaderisasi Muhammadiyah, sehingga pengelolaannya pun harus sesuai dengan regulasi yang berlaku di Muhammadiyah. 

“Sekalipun Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah adalah wadah kerja profesional tapi tidak boleh lepas dari core valuesIslam dan Muhammadiyah dalam wujud transformasi ideologi dan revitalisasi kader Muhammadiyah,” tutup Munawar. (adam)

 

Reporter : Nisa Pujiana

 

Shared:
Shared:
1