Raka Ramadhan, Hafidz Berprestasi dari Kota Solo

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Rabu, 23 November 2016 11:16 WIB

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA– Salah satu siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta memperoleh juara 1 lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) kategori thafidz putra tingkat kota Surakarta tahun 2016.

Siswa tersebut bernama Raka Ramadhan Djatmiko, yang sudah beberapa kali memenangi bermacam-macam perlombaan. “Saya belajar rutin dengan guru dan berlatih setiap mau ada lomba,” tutur Raka pada redaksi muhammadiyah.or.id, Senin (21/11).

Lomba tersebut membuat Raka menjadi perwakilan kontingen Kota Surakarta untuk tahfidz putra dalam lomba Mapsi di tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Purbalingga pada 21-23 Oktober tahun 2016 lalu.

Sementara itu putra sulung dari Pandu Djatmiko dan Yossi Prihatmanti juga memiliki prestasi membanggakan sang ayah, seperti Juara 1 MHQ (Musabaqah Hifdzil Quran) tingkat kota Surakarta tahun 2015, Juara 1 Tilawah Putra FLS2N di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) tingkat kota Surakarta tahun 2015, Juara 1 MHQ Putra FLS2N SMP tingkat Kota Surakarta di TBJT tahun 2016.

Raka menjelaskan bagaimana dirinya bisa meraih juara-juara tersebut. "Saya sudah dilajari ayah untuk menghafalkan Al Qur’an sejak kecil. Saya juga bisa menghafal karena sering mendengar ayah mengaji, jadi lama-lama bisa hafal,” pungkas Raka. Ia mengakui telah memiliki hafalan Al Quran sebanyak 7 juz dan bertekad menyelesaikan hafalan 30 juz.

Sedangkan, Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Aryanto, membenarkan bahwa Raka Ramadhan Djatmiko merupakan salah satu siswa yang rajin mengaji dan berprestasi.

“Sekolah sangat mengapresiasi dan mendorong semua siswa untuk senantiasa berprestasi. Dengan prestasi yang diraih Raka, membuktikan bahwa SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta unggul dalam ibadah, hafalan Al Qur’an, dan prestasi akademis,” tutup Aryanto. (syifa)

 

Kontributor : Ary Anto (Humas)

Shared:
Shared:
1