Tingkatkan Mutu Rumah Sakit, MPKU PP Muhammadiyah Gelar Seminar PKRS

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Sabtu, 19 November 2016 08:33 WIB

 

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MAKASSAR - Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan PusatMuhammadiyah sebagai majelis yang fokus dalam bidang kesehatan mempunyai dua tugas pokok, yaitu membina amal usaha kesehatan yang dimiliki Muhammadiyah di seluruh Indonesia dan menyelenggarakan program-progam kesehatan untuk masyarakat.

Disampaikan Husnan Nurjuman, Sekretaris MPKU PP Muhammadiyah di kantornya Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta, Rabu (16/11). Menurut Husnan, penyakit yang tersebar di masyarakat tidak hanya terjadi karena paparan virus atau bakteri saja, namun hal itu lebih kepada cara hidup masyarakat yang tidak sehat.

“Ada tren yang berkembang sekarang, perkembangan penyakit atau ketidaksehatan itu rata-rata sebagian besar tidak hanya karena paparan bakteri atau virus saja, lebih banyak terjadi karena cara hidup masyarakat yang tidak sehat”, ungkap Husnan.

Lebih lanjut ia katakan di satu sisi MPKU mengelola amal usaha kesehatan yang bertugas melayani orang sakit, namun di sisi lain MPKU juga perlu memastikan apa yang menjadi penyebab terjadinya sakit tersebut.

Meski rumah sakit merupakan pusat kesehatan namun Husnan tidak menampik bahwa penularan penyakit juga dapat terjadi di rumah sakit. “Bayangkan di rumah sakit pun kita perlu usaha untuk mensehatkan rumah sakitnya, mereka melayani orang sakit, tapi kadang-kadang penyebaran penyakit justru ada di rumah sakit”, ucapnya.

Atas dasar itu MPKU PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) yang bertujuan untuk membudayakan perilaku sehat di rumah sakit, 18 - 19 November 2016 di Aula Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Selatan.

Seminar ini mengundang kurang lebih 100 peserta, yang terdiri dari pimpinan dan SDM rumah sakit, dan mitra-mitra rumah sakit Siti Khadijah Makassar. Sementara narasumber berasal dari MPKU PP Muhammadiyah, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan setempat dan Akademisi.

 “Harapan kami, MPKU Wilayah dan MPKU Daerah menyelenggarakan hal serupa dengan upaya serupa,kerjasamadengan dinas-dinas kesehatan setempat. Untuk menstandarkan pelayanannya masing-masing agar bebas dari infeksi, agar sesuai dengan peraturan menteri tentang PKRS, karena kalo pelayanan soal PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini tertib di rumah sakit maka pelayanan kita akan menjadi unggul,” tutup Husnan. (adam)

Reporter: Raipan

Shared:
Shared:
1