Dahlan Rais : Perjalanan Muhammadiyah Bersama Bangsa Ini Tidak Serta Merta Hilang Begitu Saja

Author : Pimpinan Pusat Muhammadiyah | Kamis, 17 November 2016 13:47 WIB

 

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA – Muhammadiyah adalah salah satu gerakan tertua negeri ini. Muhammadiyah telah banyak menjadi saksi sejarah Indonesia dan memiliki jejak yang panjang dalam membantu Indonesia meraih kemerdekaan. Semua bukti dari perjuangan itu ada pada beberapa arsip , foto, artefak dan benda lainnya yang tersimpan di banyak daerah.

“Perjalanan Muhammadiyah bersama bangsa ini tidak serta merta hilang begitu saja, namun tersimpan pada saksi-saksi sejarah,” Kata Dahlan Rais, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada pembukaan Pameran Dokumentasi dan Arsip Muhammadiyah dalam Lorong Waktu, Kamis (17/11) di Lantai Dasar Masjid KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dahlan menegaskan nilai-nilai perjuangan Muhammadiyah akan bisa menjadi keteladanan bagi generasi penerus. Nilai-nilai perjuangan yang didalamnya mengandung nilai-nilai utama hingga menjadi perhatian pula bagi warga persyarikatan.

Lebih lanjut, menurut Dahlan nantinya Muhammadiyah ingin membuat semacam museum yang bisa dikunjungi masyarakat umum. Saat ini rencanaya pembangunan itu sudah ada, harapannya nanti dibangunnya museum tersebut dapat memberi kemanfaatan bagi seluruh umat.

“Museum Muhammadiyah nantinya dapat dijadikan tempat wisata, hiburan, dan sebagaian,” lanjut Dahlan.

Ia mengatakan pameran ini tidak lepas dari peringatan milad Muhammadiyah ke 104  yang secara tidak langsung sebagai bentu kreativitas dari masyarakat Muhammadiyah selama ini. Muhammadiyah dipuji karena tertib dan teratur dalam pengarsipan dan pencatatan, contonhnya saja seluruh arsip kongres Muhammadiyah masih tersimpan rapi.

“Harapannya hal seperti ini terus terjaga dan dapat dilaksanakan oleh pimpinan ranting, cabang, dan wilayah,” tutup Dahlan. (adam)

Reporter : Syifa Rosyiana Dewi 

Shared:
Shared:
1